Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



Walikota Tanjung Pinang, Lis Darmansyah Berserta Jajaran FKPD< SKPD dan Tokoh Masyarakat Lakukan Ziarah Ke Makam Raja Kerajaan Melayu ( Fhoto : Istimewa)

TANJUNGPINANG, realitasnews.com  Walikota Tanjung Pinang, H Lis Darmansyah SH bersama jajaran FKPD, SKPD, ketua LAM serta tokoh masyarakat kota Tanjung Pinang melakukan ziarah ke makam pejuang Melayu, Kamis ( 5/1/2017).

Ziarah makam dimulai dari Makam Sultan Sulaiman di Melayu Kota Piring, Makam Daeng Marewah di Sungai Carang dilanjutkan ke makam Raja Haji Fisabilillah, Engku Puteri Raja Hamidah dan Raja Ali Haji di Pulau Penyengat.

Ziarah ini digelar untuk mengenang puncak perjuangan Raja Haji bersama pasukannya yang berhasil menenggelamkan kapal komando terbesar Belanda " Malakas Walfaren " dengan menewaskan 500 personil Belanda pada tanggal 6 Januari 1784 silam. Peristiwa ini menjadi sejarah kemenangan pasukan Raja Haji Fisabilillah mengusir mundur pasukan Belanda dari perairan Riau.

Peristiwa kemenangan Kerajaan Melayu Riau kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Tanjungpinang. Peringatan hari lahir itu diawali Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, bersama rombongan untuk berziarah.

Pada ziarah makam tersebut dilakukan prosesi tabur bunga dan siram air serta mengganti kain nisan, selanjutnya pembacaan Tahlil dan doa.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengatakan bahwa ziarah makam ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya dalam rangka hari jadi Tanjungpinang.

" Nyekar ke makam para pejuang Melayu ini kita lakukan sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus mengenang para pejuang kerajaan Melayu ", ucap Lis, saat di wawancarai awak media di Pulau Penyengat.

Dikatakan Lis, kedepan pemko Tanjung pinang akan berupaya membenahi dan menata kembali makam-makam Raja yang telah mengukir sejarah di Tanjungpinang, " Makam ini nantinya akan kita tata dengan baik sebagai destinasi wisata religi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Tanjungpinang ", pungkasnya

Usai ziarah makam, Walikota beserta rombongan sholat dzuhur berjamaah dilanjutkan dengan acara makan bersama di Masjid Raya Sultan Riau Penyengat.

Untuk acara puncak hari jadi Tanjungpinang akan dilaksanakan di Lapangan Pamedan A. Yani pada 6 Januari 2017 pukul 19.30. Untuk rangkaian kegiatan itu akan diisi dengan berbagai macam acara hiburan dan seni budaya. Bagi masyarakat Kota Tanjungpinang yang ingin menyaksikan acara tersebut silahkan datang ke Lapangan Pamedan A. Yani untuk meriahkan hari jadi Tanjungpinang ke 233.

(pay)

Posting Komentar

Disqus