Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Melang imlek, bunga sedap malam banyak diburu (Foto: Muhajir Arifin/detik.com)
PASURUAN, Realitasnews.com - Menjelang Imlek permintaan bunga sedap malam meningkat membuat petani kecamatan Rembang Pasuruan kerepotan melayani permintaan konsumen.

Seperti diakui warga Dusun Krian, Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Nasirudin (47) yang menyebutkan ia kebanjiaran orderan Bunga Sedap Malam menjelang tahun baru Imlek ia bisa menjual 120 -150 batang sedap malam sehari.






Petani sedap malam di Pasuruan kebanjiran pesanan

"Yang pesan dari Jakarta, Bali hingga Mataram. Pengusaha hotel-hotel yang pesan," kata Nasirudin, dikutip detik.com Sabtu (21/1/2017).

Nurdin menanam bunga sedap malam dilahannya seluas 4 hektar dan hasil produksi dari luas lahan tersebut ia bisa mengeruk keuntungan hingga Rp 12 juta perhari.


"Peningkatan permintaan saat menjelang imlek tidak lama, sekitar 5 - 6 hari. Setelah itu normal lagi," katanya.

Ketua Paguyuban Petani Sedap Malam Kabupaten Pasuruan, Abdul Kodir (69), juga mengakui lonjakan pesanan Sedap Malam menjelang perayaan Tahun Baru Imlek

"Menjelang Imlek pesanan bunga Sedap Malam bisa meningkat hingga 30 persen," kata Abdul Kodir yang telah menekuni bisnis bunga Sedap Malam selama 44 tahun.


Lantaran banyaknya pesanan bunga Sedap Malam, Abdul Kodir mengakui memakai karyawan sebanyak  orang.




Ia mengatakan kecamatan Rembang merupakan sentra pertanian Sedap Malam di Pasuruan sebagian besar warganya menjadi petani bunga hias tersebut.


"Kwalitas Bunga Sedap malam asal Rembang sangat bagus dan sudah sangat terkenal hal ini membuat gampang memasarkannya," kata Kodir.




Setiap warga yang ingin bertani Sedap Malam, dikatakan Kodir, selalu mendapat dukungan dari petani lainnya. Para petani yang sudah lama tak akan berat tangan membantu mulai dari memberikan panduan pembibitan, menanam hingga pemasaran.


"Kami akan selalu membantu siapa saja yang ingin bertani Sedap Malam. Yang utama adalah niatnya harus  sungguh-sungguh pasti akan berhasil karena sebenarnya tidak sulit bertani Sedap Malam," pungkasnya.

(detik.com)

Posting Komentar

Disqus