Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

 
Foto: Ardian Fanani (Fhoto : detik.com)

JAKARTA, Realitasnews.com - Jutaan nyamuk berwarna hijau menyerang rumah warga Desa Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi. Nyamuk berwarna hijau ini tidak menggigit manusia namun jika menyentuh tubuh manusia mengakibatkan gatal gatal sehingga membuat warga resah.

Seperti dilansir detik.com Rabu (11/1/2017) seorang warga Karangdoro bernama Wanti mengaku sangat resah pasalnya nyamuk hijau ini jika menempel di kulit akan membuat kulit gatal. Nyamuk hijau ini menurut ketua RT setempat, Suwedi, berasal dari sungai Kalibaru yang mengalir ke kampung mereka.

"Serangan nyamuk hijau ini baru kali ini terjadi dilingkungan kami," jelasnya.

Dinas Kesehatan setempat telah menurunkan tim untuk meneliti nyamuk nyamuk hijau ini.

" Puskesmas setempat telah diminta mengidentifikasi apakah nyamuk nyamuk ini berbahaya dan telah dipastikan nyamuk hijau ini tidak menyerang manusia namun menyerang tanam tanaman lantaran di desa ini banyak sawah dan pertanian," kata Kadis Kesehatan setempat, dr Widji Lestariono.

Peneliti nyamuk dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2), Triwibowo Ambar Garjito juga tidak yakin hewan tersebut berbahaya. Ia menduga hewan-hewan tersebut bahkan bukan nyamuk, walau memang tidak melakukan pengamatan spesimen langsung.

"Untuk sementara saya menduga nyamuk hijau tersebut adalah midge dari famili Chironomidae, dikenal sebagai serangga yang mirip nyamuk tapi tidak membahayakan, " kata Triwibowo.


Dugaannya didasarkan pada informasi tentang morfologi nyamuk hijau yang dia baca dari berbagai pemberitaan. warga menggambarkan nyamuk hijau memiliki bentuk mirip nyamuk pada umumnya namun tubuhnya berwarna hijau dan memiliki ekor panjang.

"Memang tidak menggigit, dan serangga ini melimpah pada saat tempat perkembangbiakannya ada gangguan. Misalnya meningkatnya pencemaran organik," jelas Triwibowo.

(detik.com)

Posting Komentar

Disqus