Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Realitasnews.com – Plt.. Bupati Asahan, H Surya Bsc diwakili Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, MSi membuka acara Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Nasional berbasis Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang dilaksanakan di Hotel Sabty Garden Kisaran selama 5 hari dari tanggal 9 Juli sampai dengan 13 Juli 2019.

Bintek Fasilitasi SKKNI bidang Kominfo bagi Angkatan Kerja Muda Indonesia digelar oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerja sama dengan Pemkab Asahan.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan dan  sertifikasi berbasis standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI)  bidang Komunikasi ini untuk meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia bidang Komunikasi di dunia Industri Komunikasi Nasional pada khususnya, dan untuk bersaing di dunia Internasional pada umumnya.

Abdul Rahman Harahap, SSos, MSi mewakili Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan mengatakan manfaat bagi peserta mengikuti pelatihan ini untuk mendapatkan keahlian dibidangnya melalu uji Kompetensi ( Sertifikasi) kegiatan Fasilitasi sertifikasi Nasional diselenggarakan dalam bentuk pemberian materi pengantar sebagai bahan penyegaran kembali terhadap topik yang akan diujikan dan kemudian dilanjutkan dengan ujian sertifikasi.

Abdul Rahman juga menyampaikan bahwa Peserta yang ikut pelatihan ini sebanyak 60 orang dari 5 Kabupaten /Kota antara lain Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Paluta, Kodya Medan dan Kodya Tanjung Balai yang dilaksanakan dari Tanggal 9 Juli s/d 13 Juli 2019 di Hotel Sabty Garden Kisaran

 

Dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, Msi, Plt Bupati Asahan H Surya Bsc mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfoo RI dan Kepala  BBPSDMP Kominfo Medan lantaran telah memilih tempat di Kabupaten Asahan untuk menggelar pelatihan pengembangan SDM bidang Teknologi Informasi Komputer (TIK) ini.

Ia menyebutkan pelatihan ini sangat penting bagi kita semua lantaran memberikan kontribusi besar dalam upaya meningkatkan kualitas SDM dibidang TIK khusunya bagi calon tenaga kerja lulusan SMK, D1, D2 dan D3 khususnya yang memiliki jurusan komputer, Multimedia,Web Programming, Desain Grafis, Practical Office dan Technical Support.

Pelatihan peningkatan SDM ini sejalan dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Tranmigrasi RI Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sistem Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKNNI) sebagai salah satu rumusan kemampuan para tenaga kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan Perundang-undangan.

Ini berarti, lanjutnya, setiap angkatan kerja kita kedepannya akan dituntut untuk mampu bekerja secara profesional yang dibarengi dengan upaya – upaya perubahan dan perbaikan diberbagai tatanan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diorientasikan kepada peningkatan kinerja yang ditopang oleh kualitas SDM yang menguasai TIK.

“ Saya mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya sehingga seluruh peserta berhasil lulus dan memperoleh sertifikasi Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKNNI),” katanya.

Plt Bupati Asahan dalam pidatonya juga mengharapkan agar melalui pelatihan ini harus terwujud angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja yang tersedia, karena ke depan Asahan akan terus mengalami kemajuan sejalan dengan Visi dan Misi pembangunan kita.

Dengan  tegas Plt Bupati Asahan mengatakan agar warga Asahan tidak saja menjadi penonton namun  semua harus tampil menjadi pelaku. Inilah yang harus menjadi perhatian kita secara sungguh-sungguh, karena pelaksanaan pembangunan dan dampak dari hasil  yang kita capai tidak terlepas dari kemajuan TIK dan System Komputerisasi yang setiap saat mengalami perubahan seiring dengan kemajuan zaman.

Ia juga menyampaikan kepada penyelenggara dan tenaga pelatih agar melaksanakan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

“ Pelatihan ini digelar selama lima hari hendaknya benar-benar menjadi waktu yang efektif untuk membekali para peserta ,” tutupnya.

Tampak hadir dalam pelatihan ini Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI, Ir Basuki Yusuf Iskandar MA, Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan, Drs Irbar Samekto. M.Si, Kepala Diskominfo Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar.S.Sos, Msi, Direktur Lembaga Sertifikasia Profesi (LSP) TIK Surabaya, Ir Edwin Suryosaptanto MBA, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Asahan, para Asesor.
(Nes)

Post a Comment

Disqus