Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


KARIMUN, Realitasnews.com - KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun menggelar kampaye keselamatan pelayaran dan sosialisasi penggunaan Automatic Identificition System (AIS) yang dilaksanakan di Gedung Nasional di Jalan Yos Sudarso,  Kamis (25/7/2019).

Kepala KSOP Kelas I  Tanjung Balai Karimun, Junaidi menyampaikan bahwa dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 7 Tahun 2019 tentang pemasangan dan pengaktifan sistem indentifikasi otomatis bagi kapal yang berlayar di wilayah perairan Indonesia.

Hal ini dimaksudkan untuk  keselamatan dan keamanan pelayaran. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada seluruh stakeholder. Sehingga inplementasinya di lapangan dapat berjalan dengan baik. 

“ Tentunya transportasi laut merupakan prasarana transportasi vital dan sangat dibutuhkan dalam menunjang terselenggaranya aktifitas pelayaran. Transportasi laut menjadi sarana utama untuk menghubungkan pulau yang satu ke pulau yang lainnya,” katanya.

Ia menyebutkan selain pelayaran niaga dengan menggunakan kapal berkapasitas besar, pelayaran rakyat juga merupakan modal transportasi penghubung antar pulau yang sangat penting dan dibutuhkan serta menjadi andalan masyarakat di pulau-pulau di Tanjung Balai Karimun.

Oleh karena itu, tambahnya, aspek keselamatan dan keamanan pelayaran wajib menjadi perhatian kita bersama. Sebagai wujud nyata dari upaya yang dilakukan, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun.

Untuk meningkatkan aspek pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan angkutan di perairan dengan mengadakan Kampanye Keselamatan Pelayaran melalui Life Jacket kepada para nelayan, pelayaran rakyat di Tanjung Balai Karimun sekaligus sosialisasi penggunaan AIS.

Sosialisasi keselamatan pelayaran yang dilaksanakan pada kesempatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta membudayakan pengunaan alat keselamatan kepada masyarakat. (Jup)

Posting Komentar

Disqus