Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


SERGAI, Realitasnews.com  –  Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi. A.Md, S.Ip bersama rombongannya melakukan  Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pemkab Sergai untuk mempelajari Pengelolaan Gula Kelapa Sawit.
 
Rombongan Wabup Muba itu disambut oleh Sekdakab Sergai Drs Hadi Winarno, MM bersama para asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD terkait, pengusaha dan organisasi petani kelapa sawit di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (24/7/2019).

Bupati Soekirman dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekdakab Sergai Drs Hadi Winarno, MM mengatakan bahwa kunjungan Wabup Muba beserta rombongan merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Sergai.

Ia menyebutkan bahwa reputasi Wabup Muba Beni Hernedi selama ini sangat konsen  terhadap dunia pertanian dan aktif dalam organisasi pertanian.

“ Di kabupaten Sergai ini yang paling dominan komoditas perkebunan kelapa sawit,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa letak geografis kabupaten Sergai sangat strategis berlokasi tidak terlalu jauh dari pusat Pemerintah Provinsi  Sumatera Utara (Pemprovsu) dan dekat dengan salah satu destinasi wisata utama Sumut seperti di  Parapat (Danau Toba).

Pemkab Sergai juga menginginkan kerjasama dengan Kabupaten Muba mengingat Sergai merupakan kabupaten yang terhitung masih berumur muda dibandingkan Muba yang sudah berdiri sangat lama.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, A.Md, S.Ip mengatakan bahwa Kunkernya ini merupakan yang perdana ke Kabupaten "Tanah Bertuah Negeri Beradat."
 
Ia menyebutkan dalam kunjungannya ini membawa 37 orang yang terdiri dari jajaran Dinas Perkebunan, Camat dan pimpinan organisasi perkebunan kelapa sawit.
 
 “ Hal yang menarik dari pengamatan kami adalah beberapa kesamaan antara Kabupaten Sergai dan Kabupaten Muba terutama sebagai kabupaten yang sama-sama menjadikan perkebunan kelapa sawit sebagai salah satu komoditas utama dan ada sekitar 200 ribu lebih penduduk Muba hidup dari perkebunan kelapa sawit dan karet,” katanya.

Kesamaan inilah yang menjadi alasan utama Kabupaten Muba tertarik ketika mengetahui ada inovasi unik di Sergai dibidang produksi brown sugar (gula merah) dari kelapa sawit dan hal tersebut layak untuk dipelajari sebagai peluang industri yang menjanjikan mengingat Bupati dan Wabup Muba memiliki fokus yang serius terhadap bidang perkebunan kelapa sawit di wilayah pemerintannya.
 
“Kami sangat membuka diri pada kerjasama pemanfaatan gula merah dari batang sawit dan diharapkan kedepannya dua kabupaten ini akan menjadi daerah penghasil gula merah kelapa sawit terbesar di Indonesia,” katanya
 
Dipenghujung acara itu, dilakukan penyerahan cenderamata kepada Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, A.Md, S.Ip.
 
(Ril /Jan)

Posting Komentar

Disqus