Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Realitasnews.com
– Plt Bupati Asahan diwakili oleh Asisten II Ekbang Drs John Hardy Nasution Msi menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (23/07/2019).

Pada acara penerimaan mahasiswa KKN UIN SU itu tampak hadir Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU, Kepala Desa dan mahasisa KKN UIN SU.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU Dr Soiman MA mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah menerima mahasiswa UIN SU untuk melakukan KKN di wilayah Kabupaten Asahan.

Beliau juga mengatakan jumlah mahasiswa UIN SU yang ikut KKN ini sebanyak 335 orang yang terdiri dari 7 Fakultas yakni Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Ilmu Sosial.

"Para mahasiswa ini akan melakukan KKN di 3 Kecamatan yakni Kecamatan Rahuning, Pulau Rakyat dan Aek Kuasan," ujar Beliau.

Selain itu Beliau meminta kepada Pemerintah Kabupaten Asahan nantinya dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa UIN SU dalam melakukan KKN, sehingga mahasiswa UIN SU dapat membantu program-program yang ada di Pemerintah Kabupaten Asahan.

"Kepada mahasiswa diharapkan selalu melakukan koordinasi kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dalam melaksanakan tugas-tugas KKN nantinya, sehingga dapat membantu visi dan misi pemerintah Kabupaten Asahan," tutup Beliau.

 

Sementara itu Plt Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten II Ekbang, Drs John Hardy Nasution MSi mengucapkan terima kasih kepada UIN SU atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menempatkan mahasiswanya melakukan KKN di kecamatan Pulau Rakyat, kecamatan Aek Kuasan dan kecamatan Rahuning kabupaten Asahan.

Ia menyebutkan pelaksanaan KKN merupakan kegiatan yang positif untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat sebagai bentuk pegabdian dan pemberdayaan  masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan pengajaran serta penelitian serta pengembangan.

“ Kami berharap kegiatan KKN UIN SU ini menumbuhkan keterkaitan emosional antara mahasiswa dengan masyarakat, sehingga kegiatan KKN ini tidak semata-mata untuk menyelesaikan tuntutan kurikulum yang dibebankan universitas  kepada mahasiswa namun dapat untuk mengembangkan kapasitas mahasiswa dalam menghadapi permasalahan nyata yang dinamis ditengah-tengah masyarakat ,” katanya.

Disamping itu, katanya, mahasiswa diharapkan dapat melakukan transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan di UIN SU sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing sekaligus menggali potensi yang ada untuk dapat dikembangkan demi keswejahteraan masyarakat.

Plt Bupati Asahan juga menegaskan kepada mahasiswa yang melakukan KKN selama sekitar satu bulan di Desa yakni dari bulan Juli sampai dengan Agustus 2019, diharapkan para mahasiswa mengikuti norma-norma adat istiadat dan budaya yang berlaku di Desa  lokasi KKN nya.

“Sekali lagi saya tekankan selama melakukan KKN hendaknya tidak keluar dari koridor aturan yang yang telah ditetapkan Universitas dan tetap menjaga nama baik almamater Universitas anda,” katanya.

Pada kesempatan itu Plt Bupati Asahan, H Surya Bsc berpesan agar para Camat dan Kepala Desa dapat monitor dan membantu tugas-tugas yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN sehingga dapat diselesaikan dengan baik.

Dipenghujung acara menerima dan sekaligus melepas KKN UIN SU ini, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU memberikan Cendramata kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang diterima oleh Asisten II Ekbang,  Drs John Hardy Nasution Msi. (Nes)

Post a Comment

Disqus