Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


SERGAI, Realitasnews.com  –  Selain menerima Penghargaan Kabupaten atau Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Pemkab Sergai juga meraih penghargaan Puskesmas Dengan Pelayanan Ramah Anak Terbaik Tingkat Nasional.

Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya menerima penghargaan tersebut dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise kepada Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 di Hotel Four Point Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Selasa (23/7/2019).

Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal, M.Si mengatakan menurut Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya yang disampaikan melalui WhatsAppnya ketika berada di Kota Makassar  menjelaskan bahwa penghargaan KLA itu merupakan yang kelima kalinya diraih oleh Pemkab Sergai.

Penghargaan KLA itu, katanya, sebagai wujud nyata implementasi Konvensi Hak Anak dan berbagai Peraturan Perundang-Undangan serta kebijakan terkait “ Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak.

Ia menyebutkan bahwa Kabupaten Sergai saat ini memiliki sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan.

Sedangkan program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui pembentukan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang menyediakan pelayanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan dengan meliputi pelayanan informasi, konsultasi psikologi dan hukum serta pendampingan.

Lebih lanjut dikatakannya untuk penghargaan Puskesmas Dengan Pelayanan Ramah Anak Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019, penghargaan ini merupakan pertama kalinya diraih oleh kabupaten Sergai. 

“Dari sembilan ribuan Puskesmas di Indonesia, hanya 21 Puskesmas yang mendapat Penghargaan Ramah Anak dan salah satunya adalah Puskesmas Tanjung Beringin yang masuk dalam urutan 17 se-Indonesia,”katanya.

Puskesmas ini merupakan “Puskesmas Ramah Anak” yang mempunyai visi Terwujudnya Masyarakat Tanjung Beringin Yang Sehat dan Mandiri dengan Pelayanan yang Profesional, Inovatif dan Berkelanjutan.

Puskesmas Tanjung Beringin telah menerapkan inovasi Puskesmas yang ramah terhadap anak, seperti kondisi ruangan yang memang sengaja dikonsep sesuai dengan kebutuhan anak sehingga akan menimbulkan kenyamanan bagi anak yang dirawat di Puskesmas.

Semua penghargaan ini tidak terlepas dari komitmen seluruh petugas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Program dan kegiatan Pemkab Sergai juga mendapat dukungan dari berbagai pihak terkait termasuk juga unsur masyarakat.

“ Kami mengharapkan peningkatan mutu pelayanan, inovasi-inovasi terbaru  terus dikembangkan sehingga kedepannya semua Puskesmas di Sergai dapat melayani anak dengan lebih baik dan maksimal,” katanya.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati H Darma Wijaya dalam acara itu Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan  Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A),  Kabid Pemenuhan Hak Perempuan Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak, Kadis Kesehatan dan Kepala Puskesmas Tanjung Beringin.
(Ril/Jan)

Posting Komentar

Disqus