Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



BATAM, Realitasnews.com -  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP dan Kapolri Jenderal Polisi  Prof. Drs H.M Tito Karnavian, M.A, Ph.D melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Polda Kepri yang dilaksanakan di Mapolda Kepri, Sabtu (27/7/2019) sekira pukul 12.30 WIB.
Turut hadir dalam penyambutan  Kunjungan Kerja Panglima TNI dan Kapolri itu, Pangdam I Bukit Barisan, Kapolda Kepri, Kabaharkam Polri, Asops TNI, Pangkoops I, Pangkoarmada I,  Dankormar, Asops Kapolri, Karo Penmas Polri, Danrem 033/WP,  Danlantamal IV TPI, Wakapolda Kepri, Pejabat Utama Mabes TNI, Pejabat Utama Mabes Polri, Pejabat Utama Polda Kepri, Komandan satuan TNI, Personil TNI Dan Polri.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Drs S Erlangga dalam rilisnya yang disampaikan kepada sejumlah awak media mengatakan Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan tiba di VVIP Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 09.30 WIB. Selanjutnya melaksanakan pemantauan 22 Pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Negara Singapura dan Malaysia menggunakan Helly Super Puma dan Helly EC 725 Caracal.  Setelah itu mengunjungi Pulau Nipa Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakang Padang Provinsi Kepulauan Riau.

Saat berada di Pulau Nipa Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri dalam pelaksanaan tugas di pulau terdepan, Bahwa rencana kunjungan ke Pulau Nipa sudah direncanakan sebelumnya untuk melihat langsung fasilitas apa saja yang harus kita tingkatkan di Pulau Nipa ini, hal ini karena Pulau Nipa adalah Pulau yang langsung berhadapan dengan Kawasan Internasional dan memerlukan alat Deteksi yang baik sehingga dapat memantau aktifitas atau niat yang   kurang baik  seperti penyelundupan Narkoba,  Miras  dan sebagainya dapat dipantau dan   ditindak  selanjutnya diserahkan kepada Pihak Kepolisian.  Untuk Penambahan personil masih dikaji, Tetapi yang paling utama adalah peralatan radar termasuk kamera pantau dan   peralatan-peralatan untuk mengidentifikasi.

 

Kapolri  Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D saat berada di Pulau Nipa   menyampaikan Kehadiran kita disini yang pertama adalah untuk menjaga keutuhan NKRI, karena teritorial wilayah NKRI  adalah kewajiban bersama, dalam tugas pokoknya TNI adalah Garda terdepan menjaga keutuhan wilayah NKRI namun tidak berarti unsur-unsur lain harus diam, Polri berusaha mendukung dengan berbagai upaya untuk menjaga keutuhan NKRI.
 
Terkait dengan masalah Transnasional Crime, wilayah kita berbatasan dengan Singapura dan Malaysia maka kejahatan lintas batas bisa  saja terjadi seperti penyelundupan Narkoba, Human Trafficking dan penyelundupan barang-barang lainnya yang berhubungan dengan masalah Bea dan Cukai. Pulau Nipa ini menjadi sangat penting karena jarak lokasinya yang berdekatan dengan Negara tetangga.

Selesai pelaksanaan Kunjungan ke Pulau Nipa Panglima TNI dan Kapolri berserta rombongan menuju Polda  Kepri  disambut  dengan  Jajar  Hormat  kemudian  pemasangan  Tanjak Melayu  dan  pengalungan bunga oleh Ketua Lembaga Adat Melayu Abdul Razak,   selanjutnya disambut dengan Tarian Persembahan Melayu sekapur sirih yang merupakan persembahan atau penghormatan terhadap Tamu.

Pada kesempatan tersebut ditampilkan juga Almatsus TNI-Polri, Peragaan Beladiri TNi-Polri serta Tarian Kolosal Melayu oleh Prajurit TNI dan Personil Polda Kepri, dalam pelaksanaannya Panglima TNI, Kapolri dan rombongan ikut bersama dalam gerakan Tari Rentak Melayu Seligi Sakti.

Pada kesempatan itu Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP dalam sambutannya mengatakan tujuan kunjungan ke pulau Nipa adalah untuk melihat permasalahan-permasalahan apa yang ada di Pulau Nipa terutama permasalahan peralatan, karena pulau nipa merupakan tempat yang strategis untuk mengawasi wilayah perairan.

Akan menjadi bahan evaluasi di Mabes TNI untuk memperkuat peralatan-peralatan dan meningkatkan kapasitasnya sehingga mampu untuk memonitor lalu lintas Kapal yang   melalui kawasan Pulau terdepan, baik aktifitas kapal dari Negara-negara lain maupun dari dalam negeri.

Dari Pantai Timur Sumatera sampai dengan selat Philip kita upayakan untuk Radar yang   dapat menjangkau aktifitas lalu lintas perairan.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D  kepada seluruh anggota TNI-Polri  dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Personil TNI-Polri atas terselenggaranya Pemilu di wilayah Kepri dalam keadaan aman, damai dan kondusif.

 

Wilayah kepri dalam beberapa tahun terakhir tetap dapat menjaga keamanan dan sampai saat ini keamanan harus kita jaga, Pilar utama dalam menjaga keamanan di kepri adalah selalu soliditas TNI - Polri dan Masyarakat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M mengatakan kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri di pulau Nipa untuk meninjau secara langsung kinerja  anggota TNI-Polri yang menjaga pulau terdepan yang berbatasan dengan Negara sahabat. Secara umum dalam pelaksanaan nya sangat baik, dan ada juga pemberian bantuan dari Panglima TNI dan Kapolri berupa 2 unit Sepeda Motor, sembako dan bantuan-bantuan lain dalam rangka untuk  meningkatkan semangat kerja anggota TNI-Polri yang bertugas di Pulau terdepan.

Saat kunjungan di  Polda  Kepri  penekanan  yang  disampaikan  bahwa keamanan   merupakan  Pilar utama dalam rangka untuk menunjang pembangunan, TNI-Polri adalah pilar Utama dalam menjaga Soliditas, kebersamaan dan bekerja keras menjaga keamanan khususnya di wilayah Kepulauan Riau.

(Humas Polda Kepri )

Posting Komentar

Disqus