Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com –
Plt Bupati Asahan, H Surya Bsc didampingi oleh Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Tema Zaro Zega menyerahkan bantuan kepada Faskes RSU Sri Pamela Sei Dadap, Faskes Mutiara Kecamatan Kisaran Timur dan Faskes Binjai Serbangan Kecamatan  Air Joman pada kegiatan Pencanangan TNI KB Kesehatan Kabupaten Asahan Tahun 2019 yang dilaksanakan di Balai Opros PTPN III Sei Dadap, Asahan, Rabu (31/07/2019).

Kegiatan ini mengusung thama “Untuk mencapai Cakupan Kesehatan Kesehatan Semesta Kita Tingkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan KB dan Kesehatan di Seluruh Wilayah NKRI”

Turut hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Kapolres Asahan, Perwakilan Kajari Asahan, Manager PTPN III Sei Dadap, OPD, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjung Balai, Camat, Plt Ketua TP PKK Kab. Asahan, Ketua Persit 0208 Asahan serta masyarakat Kec. Sei Dadap.

Plt Bupati Asahan H Surya  BSc dalam sambutannya mengatakan momentum kegiatan TNI KB – Kesehatan merupakan kerja sama antara Kodim Asahan 0208 Asahan dan pemkab Asahan dengan melibatkan seluruh lintas sektoral terkait dan unsur masyarakat lainnya yang bertujuan memberikan motivasi dan edukasi kepada masyarakat  untuk mensukseskan program Kependudukan dan KB dan Kesehatan.

“ Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0208 dan seluruh jajaran personilnya lantaran telah membantu Pemkab Asahan dalam membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Asahan sebagai mana Vis dan Misi kabupaten Asahan, terwujudnya Asahan yang Reliqius, Sehat, Cerdas dan Mandiri,” katanya.

Komitmen dukungan ini, katanya, akan semakin meningkatkan harmonisasi pemerintah dengan TNI khususnya Kodim 0208 dalam meningkatkan kualitas program pengendalian penduduk KB dan Kesehatan di kabupaten Asahan.

Dari sinergitas ini akan mempercepat proses pembangunan yang diharapkan akan bermuara kepada kesejahteraan kabupaten Asahan.

Pelaksanaan momentum TNI Manunggal KB Kesehatan Tahun 2019 merupakan kontribusi positif Kodim 0208 Asahan dan Pemda untuk memberikan pelayanan dasar secara Holistik kepada masyarakat yaitu KB dan Kesehatan dan kepada semua pihak yang berpartisipasi aktif menjadi motor penggerak mensukseskan momentum ini.

Plt Bupati Asahan menyebutkan keberhasilan program KB dan Kesehatan diukur dari meningkatnya capaian peserta KB dan menurunnya laju pertumbuhan penduduk serta meningkatnya persentase peserta KB baru kepada pasangan usia subur dalam menjarangkan jarak kelahiran dari sisi kesehatan ibu dan anak yaitu menurunnya angka kematian ibu yang melahirkan  dan meningkatnya angka kesehatan ibu, bayi dan balita hidup.

Pada kesempatan itu Plt Bupati Asahan juga mengucapkan terima kasih kepada maneger PTN III Kebun Sei Dadap dan direktur RS Sri Pamela Sei Dadap beserta jajarannya yang telah menyiapkan fasilitas untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan ini.

“ Kepada seluruh lintas sektoral kami mengharapkan dukungan moril dan material dalam meningkatkan dan mensukseskan sasaran strategis membangun program KB dan kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat kabupaten Asahan,” katanya.

Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh dalam sambutannya mengatakan program KB Kesehatan merupakan program kerja sama BKKBN Pusat dengan TNI melalui kegiatan Baksos TNI – KKBPK kesehatan dalam rangka mensosialisasikan secara luas program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga .

“ Selaku Dandim saya sangat mendukung dan mengapresiasi program ini untuk membantu Pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk agar seimbang dengan ketersedian pangan energi,” katanya.

Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut Tema Zaro Zega dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah mendukung program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di kabupaten Asahan salah satunya dengan pelaksanaan Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2019.

Ia menyebutkan kegiatan itu merupakan wujud komitmen dan sinergi Pemda bersam mitra kerja dalam usaha peningkatan pelayanan khususnya pelayanan keluarga berencana dan pembangunan keluarga kepada masyarakat .

“ Kami juga menghaturkan terima kasih kepada bapak Dandim 0208 Asahan atas segala dukungan dan sumbangsih dalam memberhasilkan program KKBPK di Kabupaten Asahan,” katanya.

Sebelumnya Pasiter Kodim 0208 Asahan Kapten Inf Nazaruddin Panjaitan selaku panitia dalam laporannya menyampaikan sesuai dengan thema kegiatan ini yakni : Untuk mencapai Cakupan Kesehatan Kesehatan Semesta Kita Tingkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan KB dan Kesehatan di Seluruh Wilayah NKRI”. Maka thema itu sangatlah tepat untuk meningkatkan kwalitas manusia Indonesia dan mewujudkan keluarga berkwalitas .

Ia menyebutkan kegiatan pelayanan KB Kesehatan meliputi 8 kecamatan terdiri dari : Kecamatan Sei Dadap, Kecamatan Kisaran Barat,  Kecamatan Kisaran Timur,  Kecamatan Pulau Bandring, Kecamatan Teluk Dalam, Kecamatan Air Batu, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Tanjung Balai.

Pelaksanaan KB Kesehatan ini, katanya, peserta KB baru sebanyak 150 Akseptor terdiri dari Implant dan IUD yang dilaksanakan di RSU Sri Pamela Nusantara Sei Dadap, Kecamatan Sei Dadap kabupaten Asahan.

Adapun target perkiraan permintaan masyarakat menjadi peserta KB baru dalam momentun TNI KB Kesehatan kabupaten Asahan bulan Juni sampai dengan Oktober 2019 sebanyak 16. 482 akseptor.
(Nes)

Post a Comment

Disqus