Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com – Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Asahan Tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa, (12/03/2019).

Kegiatan yang berthemakan “Pembangunan Sumber Daya Manusia Menuju Masyarakat Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri ” ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten II, Asisten III, Perwakilan Dandim 0208 Asahan, Perwakilan Danyon 126/KC, Perwakilan Kapolres Asahan, Perwakilan Danlanal Tanjung Balai Asahan, OPD dan Camat.

Dalam sambutannya Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang yang disampaikan oleh Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc mengatakan Musrenbang RKPD ini merupakan kegiatan rutin yang diagendakan setiap tahun sesuai amanah UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Ia menyebutkan kegiatan Musrenbang ini merupakan kegiatan yang strategis lantaran produk yang dihasilkan akan sangat menentukan keberhasilan sasaran program pembangunan yang telah diagendakan baik oleh pemerintah Kabupaten Asahan, Pemerintah Sumut maupun Pemerintah Pusat.

Sesuai dengan thema pelaksanaan Musrenbang tahun 2019 ini diharapkan setiap Perangkat Daerah dalam penyusunan prioritas program dan pembangunan yang nantinya akan dituangkan ke dalam RKPD kabupaten Asahan tahun 2020 dan berpedoman pada RPJPD dan RPJMD Kabupaten Asahan tahun 2016 – 2021. Selain itu untuk mensikronkan program pembangunan provinsi dan Pemerintah Pusat.

“Untuk itu diharapkan Perangkat Daerah memperhatikan program prioritas yang telah menjadi kebijakan pemerintah agar terjadi harmonisasi program dan kegiatan yang semuanya untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia juga mengingatkan agar seluruh Perangkat Daerah dan masyarakat untuk bersungguh-sungguh melaksanakan komitmen yang sudah kita bangun bersama-sama untuk mewujudkan Asahan yang reliqius, sehat,cerdas dan mandiri.

Atas dasar itu, Bupati Asahan mengharapkan kepada seluruh OPD untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Memprioritas program pembangunan yang mendukung pencapaian indikator yang telah disepakati yang telah ditetapkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Asahan tahun 2016 – 2021.
  2. Program dan kegiatan yang diusulkan memperhatikan dan tetap mendukung prioritas pembangunan Pusa dan Provinsi.
  3. Kegiatan usulan memperhatikan kegiatan usulan yang belum terselesaikan pada tahun-tahun sebelumnya dalam mendukung program tuntas pemerintah Kabupaten Asahan.
Sementara itu, dalam laporannya ketua panitia pelaksana Kepala Bappeda Kabupaten  Asahan Drs. H. Zainal Aripin Sinaga, MH  mengatakannya tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Asahan untuk sikronisasi perencanaan pembangunan kabupaten Asahan tahun 2020. Penyelarasan program kegiatan target. Lokasi dan anggaran pembangunan masing masing bidang urusan pemerintahan tahun 2020.

Ia menyebutkan sebelum dilaksanakan Musrenbang RKPD ini telah dilaksanakan Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan pada bulan Januari n2019 lalu dan Musrenbang tingkat Kecamatan pada bulan Februari 2019 lalu.

Lebih lanjut disebutkannya dalam Musrenbang ini akan diisi dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh nara sumber diantaranya : Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman dan SDA Bappeda Provinsi Sumatera Utara Drs. Ir. Hasmirizal Lubis, M. Si, Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Teguh Supriyadi SKM, MPH, Jaksa Fungsional pada Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kisaran Essadendra Aneksa, Kasi Pembangunan UPT Jalan Jembatan Tanjung Balai Asahan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara Elfiana Azis, ST, PTPN III Kebun Sei Dadap Edy Susanto, Ka. UPT. Aneka Tanaman Pantai Timur Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara.

Dipenghujung sambutannya ia menyampaikan diharapkan dengan dilaksanakan Musrenbang penyusunan RKPD Kabupaten Asahan tahun 2020 ini adalah tersusun kesepakatan tentang program atau kegiatan prioritas tahun 2020 yang diselaraskan dengan prioritas pembangunan provinsi dan nasional. (Nes)

Posting Komentar

Blogger Disqus