Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Realitasnews.com – Sebanyak 706 orang dari 25 kecamatan se kabupaten Asahan mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) yang ke 50 tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksanakan dari tanggal 5 Maret hingga 9 Maret 2019, di Lapangan Desa Silo Lama Kec. Silau Laut.

Pembukaan MTQ itu dilakukan oleh Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang yang diwakili oleh Wakil Bupati Asahan H. Surya, B.Sc pada Selasa (5/3/2019) malam dengan penekanan tombol sirine yang didampingi oleh FKPD kabupaten  Asahan, ketua MUI, Kakan Kemenag dan tokoh masyarakat Asahan.

Dalam laporannya Ketua Panitia pelaksana Plt.Asisten I Sekdakab Asahan mengatakan ke 706 peserta MTQ dari 25 kecamatan se kabupaten Asahan itu akan mengikuti berbagai cabang diantaranya :
 
Cabang Tilawah Alquran yang akan dilaksanakan di mimbar utama dengan kategori : 
  • Golongan Dewasa putra/putri sebanyak 50 orang.
  • Golongan Remaja putra / putri sebanyak 50 orang
  • Golongan Anak-anak putra/putri sebanyak 50 orang
  • Golongan Tartil putra /putri sebanyak 50 orang
Cabang Hifzil Quran dilaksanakan di Mushollah untuk kategori Golongan 1 dan 5 juz dan golongan 10,20,30 juz dilaksanakan di Masjid Ar Rahman tuan Syech Silau dengan kategori : 
  • Golongan 1 juz dan Tilawah putra/putri sebanyak 44 orang
  • Golongan 5 juz dan Tilawah putra/putri sebanyak 32 orang
  • Golongan 10 juz putra/putri sebanyak 23 orang
  • Golongan 20 juz putra/putri sebanyak 9 orang
  • Golongan 30 juz putra/putri sebanyak 4 orang.
Cabang Khattil Quran dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kecamatan Silau Laut dengan ketegori perlombaan :
  • Golongan naskah putra/putri sebanyak 43 orang
  • Golongan Dekorasi putra/putri sebanyak 36 orang
  • Golongan Hiasan Mushaf putra/putri sebanyak 42 orang
Cabang Fahmil Qur’an dilaksanakan di SD Negeri 013898 kecamatan Silau Laut dengan kategori : Cabang Fahmil Quran putra/putri sebanyak 123 orang.
 
Cabang Syarhil Qur’an dilaksanakan di MIS An Najah kecamatan Silau Laut dengan kategori perlombaan :
 
Cabang Syarhil Qur’an putra/putri sebanyak 150 orang.
 
Ia menyebutkan untuk fasilitas pendukung, untuk pemondokan Dewan Hakim  dan Kafilah sebanyak 55 rumah  yang difasilitasi Camat dan 16 Desa Silo Lama.
 
“ Anggaran pelaksanaan MTQ ini dari APBD Pemkab Asahan dan bagi peserta yang berprestasi Pemkab Asahan akan memberikan penghargaan berupa trophy dan uang tunai,” katanya.

 

Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Walikota Asahan, H Surya.Bsc mengatakan MTQ digelar rutin setiap tahun dan merupakan program Nasional. Ia berharap agar MTQ ini tidak saja sebagai ajang kompetisi akan tetapi ketika membaca Al-Qur'an diharapkan menjadi inspirasi dan spirit dalam menjalankan pembangunan.

“ Diharapkan penyelenggaraan MTQ ini harus kita jadikan sebagai media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif. Al-Qur'an sebagai sumber ilmu pengetahuan yang tidak habis-habisnya untuk digali dan dikaji. Keluhuran nilai ajaran Al-Qur'an sebagai pedoman dan memberikan pengaruh yang positif, " katanya.

Lebih lanjut disebutkannya bahwa tahun ini merupakan tahun ke 9 pelaksanaan MTQ selama kepemimpinan mereka. Untuk itu, Ia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Asahan yang telah berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas pembangunan khususnya bidang keagamaan.

“Saya mengucapkan kepada seluruh Kafilah selamat berkompetensi, diharapkan agar seluruh Kafilah dapat menampilkan kemampuan terbaik dari Kabupaten Asahan, agar bagi yang berprestasi dapat mengikuti MTQ seleksi tingkat Provinsi Sumatera Utara, " tutupnya.

Pembukaan MTQ ini juga dihadiri oleh Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu, Sekdakab Asahan Taufik ZA, unsur FKPD kabupaten Asahan, Asisten, TP PKK kabupaten Asahan, OPD pemkab Asahan, Camat, Ketua MUI, Kakan Kemenag, H. Armyn Simatupang, H. Ahmad Dolly Kurnia Tanjung serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat Se Kabupaten Asahan.
 
(Nes)

Posting Komentar

Blogger Disqus