Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


TANJUNGPINANG, Realitasnews.com – Puluhan ibu-ibu Jalasenastri, Kowal dan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Lantamal IV Tanjungpinang mengikuti  pelatihan ecoprint advance yang digelar Koordinator Cabang IV (Korcab IV) Daerah Jalasenastri Armada I (DJA I) pada Jumat (22/3/2019) di Aula Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV di Jalan Yos Sudarso Nomor 1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepuluan Riau.

Dalam sambutannya Ketua Korcab IV DJA I, Ny. Musyarrafah Ridwan Arsyad Abdullah mengatakan pelatihan ecoprint advance yang dilaksanakan ini selain untuk menambah ilmu pengetahuan juga sebagai ajang untuk menjalankan silaturahmi antara ibu-ibu Jalasenastri, Kowal dan

 

Ia menyebutkan Ecoprint adalah merupakan salah satu teknik untuk membuat motiv batik pada kain. Teknik ecoprint mulai menjadi tren semenjak dua tahun terakhir, teknik tersebut terbilang unik dan mudah karena memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan disekitar kita sebagai sumber pola dan warna bahan-bahan ini berasal dari bunga, daun, batang dan bagian tumbuhan yang lain.

Lebih lanjut Ketua Korcab IV DJA I mengatakan ada beberapa teknik yang digunakan untuk menghasilkan motif ecoprint yang indah diantanya yakni pounding (dipukuli) dan steaming (dikukus). Untuk pounding daun yang telah dikumpulkan lantas dipukul-pukul diatas lembaran kain putih sehingga mengeluarkan warna yang alami.

Setelah pounding tahap selanjutnya kain akan di steaming beberapa jam di dalam panci, setelah  itu direndam air tawas yang bertujuan agar warna daun tidak luntur saat dicuci.
(hms/AP)

Post a Comment

Blogger Disqus