Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


TANJUNGPINANG, Realitasnews.com -  Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang diwakili oleh Wakil Gubernur Kepri, Isdianto memimpin rapat kerja yang dihadiri oleh Walikota /Bupati se Provinsi Kepri yang dilaksanakan di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Rabu (27/3/2019).

Bupati Lingga, Alias Wello bersama rombongannya dan Sekretaris Daerah se-provinsi Kepulauan Riau, sejumlah Kepala OPD terkait se-Kepri.juga menghadiri rapat kerja tersebut.

Rapat kerja ini guna membahas kesiapan pemerintah daerah mengenai penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2019. Selain itu pertemuan ini juga bertujuan untuk membahas Laporan Kemajuan Pembangunan masing-masing daerah di Tahun 2018 yang lalu, serta mengupas usulan  kegiatan untuk Tahun Anggaran 2020 dengan menggunakan APBD Provinsi Kepri.

Dalam pertemuan itu, Bupati Lingga, Alias Wello dalam penjelasan presentasi mengenai arah kebijakan pembangunan Kabupaten Lingga 2020 memaparkan bahwa, saat ini diakuinya memang minim investor yang berminat untuk menanamkan modalnya di Lingga, hal tersebut dikarenakan letak geografis dan bentangan alam yang terpisah-pisah antara satu pulau dengan pulau yang lainnya, yang dalam hal ini sangat mempengaruhi minat investor. Ditambah lagi dengan minimnya infrastruktur dan rentang waktu tempuh untuk mencapai Lingga.

Namun semua tantangan berat tersebut, tak membuat semangatnya surut, beliau tetap mantap  bersikeras agar bagaimana Kabupaten Lingga bisa sejajar dengan Kabupaten/Kota lainnya.

Beliau menyebutkan bahwa, prioritas pembangunan Kabupaten Lingga untuk tahun 2020 adalah  berfokus kepada peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan, peningkatan iklim investasi yang  kondusif, pemantapan kualitas pelayanan dasar bagi masyarakat, serta peningkatan daya saing  ekonomi dan pengembangan pusat kebudayaan Melayu.



Khusus untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan, saat ini ada 4 sektor unggulan yang menjadi titik  konsentrasi beliau yakni Pertanian dan Perkebunan, Perikanan, Peternakan dan Pariwisata

“Alhamdulillah keempat sektor ini, sekarang sudah nampak progres pembangunannya, apa lagi sekarang oleh Kementerian Pertanian, Lingga dijadikan sebagai sentra Lumbung Pangan daerah perbatasan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri, Isdinato menyebutkan bahwa, semua usulan dari masing- masing Kabupaten dan Kota, akan diakomodir berdasarkan skala prioritas dan anggaran yang tersedia.

“Jika anggaran kita tak mampu mengakomodirnya, maka usulan tersebut akan kita ajukan dengan menggunakan anggaran APBN nantinya,” kata beliau menjelaskan.

Khusus untuk pelaksanaan Pilpres dan Pileg, beliau mengharapkan benar, agar semua prosesnya bisa berjalan dalam kondisi yang aman, tertib dan dalam kondisi yang kondusif.

Ia berharap, partisipasi pemilih di Provinsi Kepri bisa mencapai angka yang ditargetkan pemerintah, yakni sekitar 77,5 persen dari total partisipan.

Kemudian, selain membahas kesiapan Pilpres dan Pileg, pada rapat kerja kali ini, hadir nara sumber dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah, DR.Ir.Muhammad Hudori, M.Si yang memaparkan tentang  Standar Pelayanan Minimal yang harus dilaksanakan oleh masing-masing Kabupaten/Kota di  Indonesia.

SPM tersebut adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan  pemerintah wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar yang wajib dirasakan oleh setiap warga negera. Hal ini sesuai dengan apa yang tertuang dalam PP No. 2 Tahun 2018, serta Permendagri  No.100 tahun 2018.

Adapun Pelayanan Minimal yang dimaksud tersebut meliputi Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, serta Trantibum Lintas dan Sosial

"Jadi tidak boleh ada satu pun kegiatan tanpa perencanaan dalam pembangunan daerah yang kesemuanya tercantum dalam RPJMD, Renstra PD, RKPD, Renja PD dan APBD. Mulai perencanaan  sampai penganggaran, ada dalam satu kesatuan,” katanya menegaskan.

(MC/Jhoni)

Posting Komentar

Disqus