Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


TANJUNGPINANG, Realitasnews.com -  Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tanjungpinang, Rustam SKM.M.Si mengatakan agar masyarakat kota Tanjungpinang supaya selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti yang menularkan virus penyakit Demam Berdarah (DBD).

Ia mengatakan bahwa pihaknya mempunyai tanggungjawab bersama masyarakat untuk mencegah penyakit DBD.
Penyebaran virus DBD oleh nyamuk Aedes Aegypti disuatu wilayah tidak terlepas dari faktor lingkungan.

Rustam, mengakui jika Dinkes tidak bisa berdiri sendiri untuk menekan virus tersebut. Pihaknya dan Pemko Tanjungpinang akan melibatkan OPD disetiap wilayah untuk berperan untuk mencegah munculnya virus berbahaya itu.

"Kemarin pada rapat kordinasi Pemko Tanjungpinang, ibu Wakil Walikota ketika memimpin rapat mewakili Walikota Tanjungpinang, mengintruksikan perlunya setiap OPD diberikan tanggung jawab atas suatu wilayah tertentu untuk membina dan bergotong royong bersama masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang baik," ujar Rustam, Rabu (17/07/2019).

Menurut Rustam, peran dan kesadaran masyarakat sangat diperlukan dalam upaya pencegahan, mengingat, masyarakat sendirilah yang bisa menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

"Kondisi itu yang kita coba bangun, bagaimana setiap lingkungan itu menyadari dan memahami akan pentingnya menjaga kebersihan," ucapnya.

Kata Rustam, Fogging atau pengasapan, hanya dilakukan setiap ada kasus DBD, hal ini karena, asap yang disemprotkan  mengandung racun yang akan berdampak pada kesehatan jika penggunaanya tidak sesuai aturan.

"Fogging itu dilakukan hanya ketika ada kasus positif, karena yang diasapakan itu juga racun jadi punya resiko kesehatan," tutupnya. (CR 1).

Posting Komentar

Disqus