Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com – Bupati  Asahan, Taufan Gama Simamtupang melalui Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc membuka Festival Nasyid  tingkat Kabupaten Asahan tahun 2019 yang dilaksanakan di lapangan bola kaki PT Socfindo dusun VI desa Aek Loba Kecamatan Aek Kuasan, Asahan, Rabu (27/3/2019).

Festival Nasyid ini diikuti 49 grup yang berasal dari 25 Kecamatan terdiri dari 24 grup putra dan 25 grup putri dan dilengkapi pemondokan dewan juri/kafilah, posko keamanan, posko kesehatan dan sarana mck.

Pembukaan Festival Nasyid ini dihadiri oleh unsur FKPD Kabupaten Asahan, Sekda Kabupaten Asahan, Staf Ahli, Asisten, OPD, PT Socfindo Aek Loba, Camat, TP PKK, Ketua MUI, Ketua Imtaq, Kakan Kemenag dan Masyarakat.

Dalam pidatonya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc, Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang mengatakan pelaksanaan Festival Nasyid ini kiranya tidak hanya kegiatan seremonial saja hendaknya Festival Nasyid ini dijadikan sebagai salah satu upaya dan sarana untuk meningkatkan pembinaan kesenian dan kebudayaan bernuansa Islami. 

Ia menyebutkan bahwa Festival Nasyid telah dilaksanakan mulai dari tingkat desa/kelurahan dan kecamatan, syair dan liriknya mengandung nilai - nilai moral religius dan edukatif dan sentuhan kata dalam syair Nasyid dapat mengunggah hati pendengarnya dan berpengaruh positif untuk melakukan perbaikan sikap dan tingkah laku.


Seni Nasyid ini , lanjutnya, dapat menangkis pengaruh dari budaya luar yang menyimpang dan tidak sesuai dengan ajaran agama dan adat ketimuran.

Lebih lanjut dikatakannya Festival Nasyid ini merupakan arena untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilakukan dari masing-masing tingkatan.

“ Juara bukanlah tujuan akhir, namun bagaimana festival Nasyid dapat berkembang luas dan dicintai ditengah tengah masyarakat dan jadikanlah sebagai gaya hidup," katanya.
 
Festival Nasyid merupakan salah satu indikator keberhasil visi Kabupaten Asahan, untuk mewujudkan masyarakatnya yang reliqius, sehat, cerdas dan mandiri

Kabag Kesra, Sunardi S.Sos selaku panitia dalam laporannya mengatakan festival Nasyid merupakan program pemerintah yang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi hingga Nasional.

“Festival Nasyid ini dilaksanakan dari tanggal 27 Maret hingga 30 Maret 2019, kami mengucapkan  kepada seluruh pihak khususnya PT Socfindo yang telah membantu sehingga Festval Nasyid ini dapat dilaksanakan dan semoga berjalan dengan lancar,” katanya. (Nes)

Posting Komentar

Blogger Disqus