Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


BATAM,Realitasnews.com - Dokter Jesron Nababan Spesialis Bedah Tarak Kardiac dan Vaskuler (SPBTKV) menyebutkan Rahma pasangan Rahmi yang lahir kembar siam dempet perut pada tanggal 29 Mei 2016 lalu harus melakukan operasi susulan ke tiga.

Jesron menyebutkan operasi ke tiga dapat saja dilakukan di Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) asal saja mesin jantung yakni mesin pemompa darah dan alat lainnya telah lengkap.

"Tidak menutup kemungkinan Rahma bisa dioperasi di RSAB Batam asal peralatannya seperti mesin jantung atau peralatan lain yang dibutuhkan tersedia di RSAB,"ujarnya

Namun ia lebih menekankan operasi Rahma akan di lakukan di Rumah Sakit Utomo, Surabaya dalam waktu satu atau dua bulan ke depan tergantung kondisi kesehatannya.

Jantung manusia normal dikatakannya ada 4 bilik yakni bilik kanan dan bilik kiri, namun pada pasien Rahma bilik kanannya tidak berkembang yang berkembang hanya bilik kiri.

" Jadi yang berperan memompa darah pada jantung Rahma hanya satu yakni bilik kiri saja,"jelasnya

Ia menjelaskan bagi manusia normal memiliki 4 bilik, darah yang berasal dari seluruh tubuh masuk dari serambi kanan kemudian masuk ke bilik kanan, namun pada Rahma darah yang masuk ke serambi kanan masuk ke bilik kiri karena bilik kanannya tidak berkembang.

"Untuk itu dilakukan operasi untuk menjadikan dwi fungsi atau disebut operasi pontan, operasi ini bertujuan untuk memperkecil resiko setelah Rahma dioperasi,"jelasnya

Saat ini dikatakannya sirkulasi udara didarah Rahma berkisar 80 hingga 85, tim medis saat ini berusaha tetap menjaga agar sirkulasi oksigen didarahnya dengan tensinya tetap normal.

Karena bilik kanan Rahma tidak berfungsi tim dokter yang menangani Rahma sebelumnya telah melakukan Pulmonary Artery banding yakni pembuluh darah ke paru paru disempitkan tekanan darah sehingga tekanan paru berkurang setelah itu telah dilakukan bedah Bidirectional Cavo Pulmonary Shunt dengan menyambung pembuluh balik darah atas ke paru-paru. Dan selajutnya darah dialirkan ke paruparu. kerja jantung lebih ringan sehingga darah yang masuk semua bersih. (Sipay)

Editor : Lamra