Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Pelabuhan Internasional Karimun (Fhoto : Aljupri/realitasnews.com)
KARIMUN, Realitasnews.com - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungbalai Karimun meningkatkan pemeriksaan terhadap para penumpang kapal Fery asal Singapora dan Malaysia.

Hal ini dilakukannya untuk mengantisipasi penyebaran Virus Zika di Karimun,  yang sebelumnya telah menyerang  41 orang warga Singapura.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Sarifuddin Saragih kepada realitasnews.com, Senin (29/8/2016) menyebutkan pemeriksaan penumpang kapal Ferry asal Singapura dan Malaysia atas intruksi dari pusat, untuk mengantisipasi masuknya virus Zika ke Kepri, khususnya di Karimun.

Syarifuddin Saragih mengatakan mereka harus melakukan pendeteksian virus Zika secara dini dengan melakukan  pemeriksaan kesehatan kepada seluruh penumpang asal Sinagapura dan Malaysia.

"Virus Zika ini cukup berbahaya, jenis penyakit ini bisa menular ke orang lain dengan cepat melalui nyamuk yang sebelumnya telah menggigit orang yang terinfeksi virus Zika," katanya

Gejala awal dari orang yang terkena virus Zika, kata Syarifuddin gejala awal yang ditimbulkan berupa  demam tnggi, Sakit kepala, nyeri sendi, mata merah dan mudah lelah, ruam.

Jika seseorang yang sudah tertular Virus Zika, tidak segera mendapat perawatan medis, pasien tersebut akan mampu bertahan selama 14 hari, tergantung dari daya tahan pasien tersebut," ujar Syarifuddin

Virus Zika, lanjuta Syarifuddin  juga dapat menyebabkan kematian bayi dalam kandungan. (Jup)

Editor : Lamra