Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Dr Mahrus dan Dr Heru Tim Dokter Rahma dan Rahmi (Fhoto : realitasnews.com)

BATAM, Realitasnews.com - Dokter ahli jantung Mahrus menyebutkan meskipun operasi pemisahan telah berhasil namun Rahma harus dilakukan operasi susulan dua bulan kemudian dan operasi ke tiga juga akan dilakukan 1 tahun kedepan.

Dikatakan Mahrus, operasi kemarin  tidak dependent atau masih tergantung sama saudarinya, dalam operasi terjadi hal hal yang menurunkan kesehatan bayi sehingga perlu dilakukan operasi lanjutan.

Melihat kondisi kedua bayi, Mahrus menyarankan agar kedua bayi dirujuk ke Rumah Sakit utomo Surabaya. Namun dokter ahli jantung itu masih mempertimbangkan apakah kondisi bayi layak diberangkatkan ke surabaya atau tidak.

Bahasa kedokteran yakni Pulmonary Artery Banding, pembuluh darah ke paru disempitkan tekanan darah sehingga tekanan paru berkurang, kemudian lanjut Mahrus akan dilakukan bedah Bidirectional Cavo Pulmonary Shunt dengan menyambung pembuluh balik darah atas ke paru-paru. Dan selajutnya darah dialirkan ke paruparu. kerja jantung lebih ringan. supaya darah yang masuk semua bersih.”kata Mahrus

Lanjutnya, sekarang Jantung Rahma hanya memiliki satu bilik. Karena bilik kanan tidak berfungsi, bilik tunggal yang memompa darah ke paru. Walaupun demikian fungsi jantung rahma lebih baik.

Sebelum dioperasi, kata Mahrus fungsi jantung menurun, hal itu mungkin dikarenakan jatung bekerja sendiri jadi capek. Untuk saat ini kita sudah berikan obat penguat jantung. Termasuk selama operasi diberi obat penguat jantung, hasilnya sekarang diecaluasi baik.

Mahrus menambahkan, agar lebih baik, masih perlu dilakukan operasi satu atau dua bulan kedepan , sedangkan syarat operasi harus terpenuhi yakni tekanan di pembuluh darah tidak boleh tinggi.

Jika Operasi kedua selesai, Juga akan ada Operasi ketiga, menunggu kondisi bayi sehat betul yakni satu tahun kedepan nama operasi fontan atau menyambung pembuluh balik bawah ke paru-paru.

Sedangkan lebat sayatan yang disambung hanya berdiameter atau 4×3 centimeter.

Sementara Kondisi kesehatan Rahmi jauh lebih baik, saat ini Rahmi menjalani observasi. Dia bisa dikatakan kondisi sehat melihat dari sisi global makanan dan minumannya terus di pantau. Namun bisa saja ada kelainan, untuk itu perlu pantauan comedytarai.

Hal senada disampaikan dr Siti Iqbal, bahwa jantung Rahmi berada Pada posisi di kanan. seharusnya di kiri, hal itu mungkin bergeser ke kanan karena posisi kembar siam.

“Siti mengaku, sebelum dipisahkan, Posisi jantung tidak dapat di foto rontgen, namun tidak berpengaruh ke kondisi kesehatan Rahmi.(red/ind)