Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Fhoto Surat Balasan Konfirmasi Proyek Perbaikan Sungai Sagulung Tahap V (dok)

BATAM, Realitasnews.com - Berdasarkan surat nomor:UM. 01.11/PJSAS-IV/94 perihal konfirmasi pekerjaan Perbaikan Sungai Sagulung-Tahap V  yang diterima redaksional realitasnews.com Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Sumatera IV melalui PPK Sungai dan Pantai I, Ardhananto.ST.M.Si mengatakan pengerjaan proyek Sungai Sagulung sudah sesuai spesifikasi teknis yang diisyaratkan.

Berikut lampiran jawaban yang diterima redaksional realitasnews.com, Selasa (16/8/2016) dari  SNVT Pelaksana Jaringan Sumber Air sumatera IV dengan tanggal surat 15 Agustus 2016 yang ditanda tangani PPK Sungai dan Pantai I Provinsi Kepulauan Riau, Ardhananto.ST.M.Si.

1. Dokumen spesifikasi teknis telah tercantum lengkap di dalam dokumen kontrak yang merupakan dokumen negara yang pengarsipannya di kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera IV dan hanya dapat digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga kami saat ini tidak dapat memberikannya kepada saudara. Namun untuk menjawab pertayaan saudara terkait dengan spesifikasi teknis, kami sampaikan dalam point jawaban kami selanjutnya

2. Kayu Cerucuk
a. Pihak penyedia jasa telah menggunakan kayu cerucuk yang sesuai dengan spesifikasi teknis, yaitu kayu  cerucuk dengan diameter 10-15 cm.
b. Untuk kedalaman kayu cerucuk yang tertanam didalam tanah, dipersyaratkan hanya panjang 1 batang kayu cerucuk tersebut, yaitu 4 meter dan menyesuaikan kondisi tanah. jika yang tertanam hanya 3 meter maka dilakukan pemotongan terhadap sisa kayu cerucuk sesuai dengan elevasi pada gambar.
c. Dengan melaksanakan point a dan b diatas kekuatan  struktur sudah cukup kokoh (memenuhi persyaratan) sesuai perencanaan.

3. Tinggi bangunan struktur beton bertulang pada pekerjaan perbaikan Sungai Sagulung tahap V di kota Batam adalah sebagai berikut  Balok 20 x 25 beton K-250, kolom tegak uk.20 x 20 cm beton K-250, dinding T-20 cm beton K-250, Beton K  250 t = 20 cm, beton K 125 = 10 cm, pasir untuk t = 10 cm, kayu cerucuk t = 10 - 15 cm. tinggi bangunan yang dilaksanakan dilapangan telah sesuai dengan gambar design.

4. Tanah timbunan kembali
a. Penimbunan yang dilaksanakan dilapangan sudah sesuai dengan spesifikasi teknis yang disyaratkan, yaitu penimbunan dilakukan dari hasil galian yang ditumpuk terlebih dahulu sampai kering. kemudian tanah yang sudah kering dari hasil galian tersebut digunakan sebagai bahan timbunan kembali di belakang struktur beton.
b. Sebagaimana yang saudara sampaikan bahwa pembangunan draenase Tiban di kota Batam dilaksanakan menggunakan tanah keras (tanah didatangkan), kami sampaikan bahwa pernyataan saudara adalah tidak benar. Spesifikasi teknis pembangunan  draenase Tiban di kota Batam sama dengan spesifikasi teknis pada perbaikan Sungai Sagulung-tahap V di kota Batam.

5. Untuk menjawab pertanyaan saudara point 5 dan 6 jawaban kami adalah sebagai berikut : Material besi yang didatangkan ke lokasi pekerjaan sudah sesuai dengan spesifikasi teknis dan hasil pengujian uji tarik di laboratorium menunjukkan bahwa material tersebut telah memenuhi spesifikasi teknis.

6. Untuk jawaban pertanyaan saudara point 7,8,9 dan 10 ada dikewenangan ULP (Unit Layanan Pengadaan)

Demikian isi jawaban surat konfirmasi yang dilayangkan realitasnews.com tertanggal 28 July 2016

Seperti pemberitaan realitasnews.com sebelumnya yang dilansir pada tanggal 26 Juli 2016, Proyek Perbaikan Sungai Sagulung Tahap V di Kota Batam, Kepulauan Riau dengan pagu proyek Rp 7,762.526 769,- yang dikerjakan PT. Benteng Indo Raya dengan konsultan PT. Sri Agung Jaya, di duga sarat penyimpangan, Pasalnya pengerjaan proyek itu disinyalir tidak sesuai dengan bestek yang ditetapkan.pengecoran tapak atau slop dan coloum diduga dikerjakan tanpa melalui proses lantai kerja, atau dicor di atas lumpur. (redaksional)