Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


Karyawan Rumah Makan Bunga Raya Sedang Membersihkan Puing Puing Pasca Kebakaran (Fhoto : Aljupri/realitasnews.com)

KARIMUN, Realitasnews.com – Rumah makan Bunga Raya di jalan Ahmad Yani RT 003/RW 002, Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral pada Senin (15/8/2016) pagi terbakar. Kebakaran terjadi sekitar pukul 9.45 Wib, di duga sumber api berasal dari bocornya selang tabung gas yang ada di dapur yang berada di lantai tiga  rumah makan tersebut.
Anasril, juru masak yang bekerja di rumah makan tersebut menjelaskan kebakaran terjadi saat ia hendak memasak nasi di dapur yang ada di lantai tiga rumah makan tersebut. Tiba tiba saja ia mencium aroma gas, sumber bau gas  tersebut berasal dari selang tabung gas 12 kilogram yang sedang ia gunakan untuk memasak.

“Awalnya saya mencium bau gas, tak berapa lama kemudian api langsung menjalar dari selang  tabung gas, melihat ada api di selang tabung gas, saya langsung mencabut selang regulator, tapi api keburu menyambar minyak goreng yang letaknya tidak jauh dari tabung gas itu,” jelas Anasril sambil menunjuk tabung gas 12 kilogram yang hangus terbakar.

Melihat api sudah mulai menyala Ia langsung menghubungi lori air namun lori air tersebut tak kunjung datang ia terpaksa memadamkan api secara manual.

“Saya sudah berusaha memadamkan api dengan cara manual dengan menyiramnya dengan air namun karena api telah menyambar ke minyak goreng api sulit di padamkan hingga akhirnya api “melalap” seluruh barang barang yang ada di lantai tiga,” ujarnya.

Api sulit di padamkan dikatakan Anasril karena hanya dia sendiri yang memadamkan api, sementara dua rekan kerjanya sedang mengambil air di lantai satu.

Walau api telah menganguskan seluruh isi di lantai tiga rumah makan tersebut, namun mereka tidak begitu dirugikan pasalnya yang terbakar hanya bumbu masakan saja dan peralatan dapur lainnya sementara lauk pauk dan sayur mayor serta bahan makanan lainnya sudah selesai mereka masak dan telah diantar ke lantai satu.

“Yang belum kami masak tinggal lauk gulai saja mas sementara menu makanan lainnya yang biasa kami jual sudah selesai kami masak dan telah diantar ke lantai satu,” ujarnya.

Walau datang terlambat, dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil lori air yang dikerahkan akhirnya dapat memadamkan api sehingga  api tidak merambat ke lantai dua dan ke bangunan lainnya.

Pemilik rumah makan Bunga Raya, Roy Hendra terduduk lemas saat ditemui realitasnews.com, ia hanya bisa pasrah atas musibah yang menimpa usahanya. Ia menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas tersebut namun kerugian material sekitar puluhan juta rupiah.

“Anggota dan keluarga saya memang tidak ada yang terluka akibat kebakaran ini namun kerugian materil seperti  peralatan memasak mereka yang ada di lantai tiga semuanya hangus terbakar  diperkirakan nilainya puluhan juta rupiah,” ujarnya dengan mimic wajah sedih.  
Kanit Reskrim Polsek Meral, Aiptu Hendriansyah belum bersedia memberikan keterangan atas terbakarnya rumah makan tersebut dengan alasan masih dalam pengembangan penyelidikan (Jup)


Editor              : Lamra