Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Fhoto : Istimewa
SERGAI, Realitasnews.com  - Bupati dan Wakil Bupati Sergai, Ir H Soekirman dan H Darma Wijaya menerima kunjungan Wartawan Unit Pemkab Sergai di Ruang Rapat Bupati Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah. Kamis (11/7/2019).
 
Kunjungan mereka itu untuk melakukan audiensi terkait dengan berakhirnya kepengurusan Wartawan Unit Pemkab Sergai periode 2016- 2019.
 
Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si ikut menghadiri audensi itu bersama pengurus Wartawan Unit Pemkab Sergai Darmawan, ST, Sugiono dan Budi Wijaya. Perwakilan dari PWI Mukhlis Siregar, perwakilan dari IJTI Deli Serdang-Sergai-Tebing Tinggi Fujianto, Ketua IWO Sergai Zuhari, Ketua KWRI Ronald Hutabarat, perwakilan AJI Novriandi dan Jhoni Sitompul.

Ketua Koordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai periode 2016-2019 , Darmawan, ST mengatakan bahwa masa jabatannya telah berakhir, untuk itu dirinya  memohon saran dan masukan kepada Bupati Sergai Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya agar kepengurusan Wartawan Unit Pemkab sebagai wadah dalam penyampai aspirasi silaturahmi tetap dilanjutkan pada periode berikutnya.

Sementara itu mewakili dari IJTI Fujianto menyampaikan perihal fasilitas dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Jurnalis Televisi, hal ini agar wartawan TV dapat diikut sertakan dalam pelaksanaan UKW di Kabupaten Sergai dengan harapan ingin meningkatkan kompetensi dibidang kewartawanan.

Sedangkan Ketua IWO Sergai Zuhari sangat mengapresiasi atas apa yang sudah diberikan oleh Pemkab Sergai melalui Dinas Kominfo kepada seluruh wartawan Unit Pemkab. Kedepannya kami berharap agar kemitraan yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus ditingkatkan serta lebih meningkatkan program dan kegiatan yang lebih kreatif dan menarik.

Senada dengan Zuhari, Mukhlis perwakilan dari PWI Sergai mengemukakan bahwa kegiatan yang berkaitan dengan kewartawanan hendaknya terus ditingkatkan hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan intelektual jurnalis sehingga memiliki kompetensi yang baik.
 
“ Terkait dengan pelaksanaan UKW, kami sangat mendukung penuh karena ini dapat meningkatkan grade maupun kualikasi wartawan itu sendiri. Sebagai mitra dari pemerintah kami juga mendukung program pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” kata Mukhlis.
 
Sedangkan perwakilan dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Novriandi mengutarakan bahwa semenjak terbentuknya kepengurusan wartawan Unit Pemkab Sergai terdapat juga beberapa program dan kegiatan yangbelum berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu, kami berharap dengan kepengurusan Unit Pemkab yang baru nantinya, dapat berjalan dengan baik dan wartawan mampu menggali isu dan potensi yang dimiliki.
 
Kepedulian Pemkab Sergai dengan wartawan juga dapat dilihat dengan kembali digelarnya UKW nantinya. Hal ini tentu dapat dimanfaatkan oleh wartawan Sergai untuk meningkatkan kualitas dan wawasannya, ujar Novriandi.
 
Dalam hal ini Kadis Kominfo Sergai Drs H Akmal M.Si menyampaikan bahwa untuk program dan kegiatan yang diperuntukkan bagi wartawan yaitu anggaran kegiatan UKW dengan kapasitas 40 orang wartawan. Selain itu Kominfo Sergai juga trus berusaha meningkatkan keharmonisan dengan wartawan debagai mitra Pemkab Sergai dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas.
 
Menanggapi hal tersebut, Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan bahwa wartawan/media merupakan “mata/telinga” bagi masyarskat dan pemerintah yang memiliki tingkat akurasi, validitas dan trust. Dengan demikian wartawan dituntut untuk menyebarluaskan informasi yang akurat dan terpercaya bagi masyarakat.
 
Sehubungan dengan program yang belum pernah dikerjakan, tentu hal ini ada kaitannya dengan anggaran. Sedangkan untuk keberlanjutan terbentuknya wartawan Unit Pemkab, Bupati meminta untuk terus dilanjutkan dan perlu dilakukan musyawarah dengan pengurus, selanjutnya malakukan organisasi yang naratif serta penyusunan program dan pemilihan pengurus.
 
Wartawan menjadi mitra yang baik dalam mengkritisi maupun sebagai partisipatif kami sangat mengapresiasi hal ini sebagai kritik dan saran untuk lebih berbenah kedepannya. Melalui berbagai program dan kegiatan khususnya kewartawanan, kami sangat berharap para wartawan berperan serta dalam kegiatan yang dimaksud. Hal ini juga sebagai wadah dalam peningkatan kualitas sebagai jurnalis.
 
Sementara itu Wabup H Darma Wijaya menambahkan bahwa wartawan sebagai penyampai informasi mempunyai sisi positif dan negatif. Seorang wartawan tentu sudah biasa mengkritik pemerintahan, namun mengkritiknya tentu yang sifatnya membangun demi kemajuan bersama. Bukan wartawan yang suka “ngemop” atau suka menakutnakuti pejabat pemerintahan demi mengejar rupiah.
 
Namun, Wabup H Darma Wijaya juga sangat mengapresiasi kinerja wartawan Pemkab Sergai sebagai mitra telah mempublikasikan program dan kegiatan kepada masyarakat. Semua kritikan yang disampaikan bersifat membangun demi perbaikan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, tandas Wabup
 
(Ril/Jan)

Posting Komentar

Disqus