ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sponsor

 Space Iklan Kosong...!! Pajang iklan Anda disini Hubungi Redaksi


Ilustrasi Walikota Tanjung Pinang, Lis Darmansyah (Fhoto : Istimewa)
         
TANJUNG PINANG, Realitasnews.com Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Tanjungpinang menurunkan petugas untuk penyusunan data base kesejahteraan sosial di Kota Tanjungpinang. Petugas tersebut akan bertugas mengumpulkan data verifikator dan Koordinator dan pelepasan mereka dilakukan oleh Walikota Tanjung Pinang, Lis Darmansyah.SH di Gedung PKK, Senggarang, Selasa (25/4/2017).

Pendataan verifikator ini bertujuan untuk penyusunan kebijakan dalam penanggulan kemiskinan menjadi lebih efektif, tepat sasaran dan berdampak positif bagi penerima manfaat.

Kegiatan ini menurut Lis Darmansyah, merupakan sebuah kunci untuk merubah Kota Tanjungpinang yang lebih sejahtera, sekaligus sebagai acuan bagi OPD-OPD dilingkup pemko Tanjungpinang dalam melakukan penyusunan program pemerintah kedepannya.

Sehingga untuk masa mendatang program yang akan dibuat oleh pemerintah benar-benar tepat sasaran. Jadi antara program yang dibuat  sesuai dengan data yang ada dilapangan dan benar- benar cocok. Hal ini, supaya setiap program yang dijalankan pemerintah, baik itu program pemberdayaan masyarakat, pembangunan infrastruktur dan lainnya dapat berjalan beriringan.

Karena itu, Lis berharap para petugas pengumpul data yang dikukuh dan di lepas hari ini dapat menjalankan tugasnya dengan hati terbuka, benar-benar melaksanakan tugas pengumpulan data secara riil di lapangan, sebab ini berkaitan dengan masa depan Kota Tanjungpinang,” ucapnya

Saat ini, lanjut Lis, Kota Tanjungpinang belum memiliki data kesejahteraan sosial yang lebih riil, selama ini, data yang kita pakai adalah data yang berasal dari BPS, sedangkan data yang digunakan pun masih data dari beberapa tahun kebelakang.

“Inilah alasannya mengapa pemerintah melalui BAPELITBANG melaksanakan kegiatan ini, karena harapan kita setelah melakukan kegiatan ini data tersebut dapat kita berikan kepada BPS dengan harapan data yang ada dimereka dapat di update dan disesuaikan dengan data yang ada di lapangan,” katanya

“ Data ini nantinya akan kita turunkan ke setiap Kelurahan dengan maksud agar mempermudah kita dalam menyusun mata anggaran yang akan di gunakan untuk pemberdayaan masyarakat maupun kesejahteraan sosial bagi masyarakat yang ada di Kota ini “. tambahnya

Kepala Bapelitbang Kota Tanjungpinang, Drs. Surjadi, MT, manjelaskan bahwa Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2015 lalu. Kegiatan ini merupakan ide  dari Walikota Tanjungpinang mengingat data kesejahteraan sosial masih menjadi masalah di lapangan.

Pembaharuan data di tahun 2017 akan kita lakukan dengan metode sensus. Data  yang akan diverivikasi sebanyak 79,877 Kepala Keluarga (KK) di Kota Tanjungpinang. Kepala keluarga yang akan kita data akan didatangi oleh petugas satu persatu,” terangnya

Selanjutnya setelah data ini terkumpul akan kita bagikan data terpisah kepada masing-masing OPD untuk menjadi acuan dalam menyusun segala program pemerintah.Kami juga telah merencanakan untuk membuat sebuah sistem, sehingga data ini dapat terkoneksi ke setiap kelurahan di Kota ini.

Jadi sebanyak 188 verifikator yang diturunkan merupakan gabungan dari 36 verifikator dari Kelurahan dan 152 verifikator dari masyarakat. Sedangkan tenaga ahli berjumlah 4 orang yang berasal dari Perguruan Tinggi Universitas Diponegoro, dan sebanyak 6 orang tenaga pendamping dari unsur Bapelitbang Kota Tanjungpinang ", ujarnya (Hms/ian/red)


About Redaksi News

www.realitasnews.com Terwujud sebagai portal berita independen dan menyuguhkan informasi kepada masyarakat serta mengungkap fakta dengan data.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top