Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


Wawako Menandatangani MoU Dengan BPKP RI Dan Bank Riau Kepri (Fhoto : Istimewa)


TANJUNG PINANG, Realitasnews.com Pemko Tanjung Pinang bekerjasama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI Perwakilan Provinsi Kepri dan Bank Riau Kepri untuk menerapkan aplikasi Kas Daerah (Kasda) Online Interface yang teritegrasi dengan aplikasi Sistem Manajemen Daerah (Simda). 

Kerja samai bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik atau good govermance Pemerintah Kota Tanjungpinang sepakat dan penandatanganan Nota Kesepahaman ini dalam rangka optimalisasi pengelolaan keuangan pemerintah Kota Tanjungpinang, yang ditandatangani oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, H  Syahrul, S. Pd, dan PT. Bank Riau Kepri dengan BPKP Kepri, di Ballroom Hotel Harmoni Batam, Rabu sore (12/4/2017).

Wakil Walikota Tanjung Pinang, H Syahrul S.Pd mengatakan bahwa penerapan aplikasi Kasda online interface Simda keuangan ini sangat penting, terutama dalam pengelolaan keuangan yang baik, transparasi dan akuntabel dilingkup pemko Tanjungpinang, selain itu, aplikasi ini sebagai kontrol terhadap proses penggunaan anggaran APBD, baik dari Kepala Daerah dan BPKP. 

Untuk itu, Syahrul mengapresiasi Bank Riau Kepri dan BPKP atas terobosan modernisasi teknologi yang telah dilakukan ini," Kerjasama ini merupakan komitmen bersama  dalam mendukung pembangunan Kota Tanjungpinang," ucapnya 

Meski selama 2 tahun berturut-turut, pemko meraih predikat WTP dari segi keuangan, dirinya berharap, kepada para petugas keuangan dan TPAPD dapat mempelajari aplikasi ini untuk menerapkannya, sebab dalam penggunaannya ada beberapa indikator yang berubah dalam penilaian oleh BPKP, karenanya aplikasi ini harus benar-benar dipelajari. ia pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada petugas atas kinerja yang baik selama ini, teruslah berkarya untuk pemerintah Kota Tanjungpinang ", tutur Syahrul

Direktur Utama Bank Riau Kepri, DR. Irvandi Gustari mengatakan MoU ini sebagai kerjasama dan mendukung pembangunan pemerintah daerah melalui pelayanan kas secara online. Secara teknologi Bank Riau Kepri siap untuk mendukung langkah maju pemerintah menuju good governance dalam penerapan e-goverment, " terimakasih kepada pemerintah daerah dan BPKP atas kepercayaannya kepada Bank Riau Kepri," ucapnya

Sementara itu, Kepala BPKP RI Perwakilan Provinsi Kepri, Panijo, Ak, MM, menjelaskan Kasda online untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Selain itu, aplikasi ini memudahkan pemantauan transaksi keuangan kas daerah, mempercepat proses pembayaran realisasi SP2D ke pihak ke tiga, serta memudahkan pemda dalam melakukan rekonsiliasi keuangan, untuk itu kita manfaatkan iptek untuk mendorong terwujudnya good governance dengan mendukung pemda bekerjasama dengan bank milik daerah," terangnya.

Simda pemerintah daerah yang sudah terintegrasi dengan BPKP saat ini sebanyak 431 pemda. Sementara di Provinsi Kepri dari 8 pemda, baru 5 Kabupaten/Kota yang menerapkan aplikasi ini, yakni Kota Tanjungpinang, Kabupaten Karimun, Kabupaten Anambas, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Bintan, sedangkan Provinsi Kepri, Kabupaten Natuna dan Kota Batam belum menerapkan aplikasi ini, mudah-mudahan pemda tersebut segera menyusul," harapnya.

Acara pengembangan aplikasi kasda online diikuti juga dengam penandatanganan MoU seluruh kepala daerah Kabupaten yang ikut menerapkan aplikasi ini.(R/ian)


Posting Komentar

Disqus