Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Sekda Kota Tanjung Pinang Secara Simbiolis Memberikan Kartu Peserta Kegiatan Fasilitas KUR (Fhoto : Istimewa)
TANJUNG PINANG, Realitasnews.com – Sebanyak 300 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kota Tanjung Pinang mengikuti Kegiatan Fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kegiatan yang digelar  Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang, berlangsung selama satu hari di Ballroom Hotel Comfort Tanjungpinang di Kota Tanjungpinang, Kamis (20/4/2017).

Kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si. Ia mengatakan kegiatan ini memiliki nilai penting bagi percepatan pengembangan usaha mikro kecil dan perekonomian di Tanjungpinang. 

Pemko Tanjung Pinang terus mendorong pengembangan UMKM, salah satunya melalui program kelompok usaha bersama (KUBE) di Dinas Sosial. Tahun 2016 lalu ada sekitar 110 KUBE, 1 Kelompok terdiri dari 10 orang dan masing-masing kelompok kita bantu 20 juta,”katanya

Seperti kita ketahui, para pelaku mikro kecil dan menengah selama ini telah menjalankan perannya dengan baik, yaitu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi melalui penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapat masyarakat. Terlebih saat badai krisis ekonomi, hanya UMKM yang bertahan, sementara perusahaan besar pada tumbang. 

Oleh karenanya, Untuk lebih memperdayakan UMKM, pemerintah melakukan upaya mendorong perbankkan menyalurkan kredit pembiayaan kepada UMKM melalui KUR. Riono mengingatkan kepada pelaku usaha, bila sudah mendapatkan kredit, jangan lupa bahwa bapak/ibu punya kewajiban untuk membayar kembali.

Selain itu, Riono berharap para pelaku usaha bisa memanfaatkan kegiatan ini, tanyakan hal-hal mengenai masalah usaha bapak/ibu, terutama dalam permodalan. Ia ingin UMKM di Kota Tanjungpinang bisa terus berkembang dan menjadi handal sehingga mampu bersaing di pasar lokal dan global.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang, Drs. Marzul Hendri, mengatakan pemko Tanjungpianang memfasilitasi para pelaku usaha untuk mendapatkan modal dalam mengembangkan usahanya, " Kita undang pihak lembaga atau perbankan, sehingga pelaku usaha bisa bertanya langsung bagaimana proses maupun persyaratan untuk kredit usaha, disini sifatnya kita membantu dan menjembatani para pelaku usaha dalam mendapatkan modal," terangnya.

(Hms/ian)


Post a Comment

Blogger Disqus