Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Bintan, Ronny Kartika (Fhoto : Istimewa)
 
BINTAN, Realitasnews.com Bupati Bintan, H Apri Sujadi, S.Sos menggagas agar di Bintan segera dilakukan percepatan penerapan Program Smart City. Untuk mewujudkan gagasan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengundang seluruh Camat, Lurah serta Kepala Desa se kabupaten Bintan untuk rapat Mekanisme Evaluasi APBDes TA 2017 dan Sosialisasi Program Internet Desa ( Manggoes Sky ) yang digelar di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan , Bandar Seri Bentan , Senin siang (17/4/2017).

Ronny Kartika mengatakan bahwa salah satu ciri keberhasilan dan kemajuan suatu desa adalah tertib dan cepatnya proses administrasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Dengan berjalannya program e – Goverment , e – Desa serta Program Simkeudes secara on line diharapkan proses pelayanan kepada masyarakat dapat lebih terintegrasi,” kata Ronny.

Sosialisasi Program Internet Desa ( Manggoes Sky ) ini dipaparkan oleh Jajaran PT Telkom Kepri – Kota Batam agar seluruh kepala Desa mengerti manfaat, sistem pengoperasian, biaya operasional hingga permasalahan jaringan di tiap desa.

Ronny mengatakan bahwa seusai rapat hampir semua desa sangat atensi terhadap penggunaan Satelit Manggoes Sky. Hasil pembahasan atas penggunaan aplikasi diketahui bahwa nantinya di harapkan terkait pendataan pelaporan, baik laporan keuangan maupun laporan administrasi sudah rapi dan tersusun dalam suatu sistem aplikasi, sehingga misalnya terjadi musibah seperti kebakaran datanya tidak akan hilang karena sudah tersimpan dalam aplikasi penyimpanan ( cloud ) .

Masalah penganggaran sudah kita sampaikan berapa besarannya sehingga diharapkan Pemerintah Desa bisa menganggarkan sendiri sehingga Program Manggoes Sky kita targetkan secepatnya bisa terlaksana ” ujarnya .

Sementara itu, Business Government Enterprise Service ( BGES ) PT Telkom Kepri Firdaus mengatakan bahwa beberapa penghematan anggaran akan didapat bila menggunakan aplikasi e Desa seperti penghematan biaya ATK , percepatan akses komunikasi , hingga penghematan tempat untuk penyimpanan database baik kependudukan maupun pembangunan desa .

Ada lebih dari 60 template dengan berbagai variasi manfaat yang coba kita tawarkan mulai dari sistem data permohonan KTP, form data kependudukan hingga surat pengantar ” ujarnya .

Diketahui juga bahwa dalam pemaparan dari PT Telkom Kepri diketahui bahwa Harga Instalasi program Satelit Manggoes Sky berkisar Rp 2.500.000,- dengan kapasitas 15 Giga Byte / Desa . Adapun manfaat produk Manggoes Sky dapat menjadi salah satu solusi khususnya dalam masalah akses internet di wilayah terpencil . Secara filosofi arti Mangoes Sky itu sendiri adalah Human Go to Sky ( Manusia ke Awan )

(hms/sipay)

Posting Komentar

Disqus