Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Walikota Tanjung Pinang, Lis Darmansyah (Fhoto : Istimewa)
TANJUNG PINANG, Realitasnews.com  - Dinas Kesehatan Pengendalian Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang meluncurkan pencanangan Seminar dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, Kanker Payudara, Pemeriksaan IVA, SADANIS dan Pelayanan KB secara Gratis. Acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini yang digelar, Sabtu (22/4/2017) di Puskesmas Batu 10 dan tanpa dipungut biaya.

Kegiatan ini disambut antusias masyarakat, terutama wanita usia subur apalagi dihadiri oleh Dirjen Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Kemenkes RI, dr. H. Mohamad Subuh, MPPM.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH juga menghadiri kegiatan tersebut, Ia  mengatakan pemerintah selalu memperhatikan permasalahan masyarakat, terutama kesehatan masyarakat. Permasalahan yang ada di masyarakat, kita melihat masyarakat selalu takut misalnya untuk menjalani perawatan kemotrapi, padahal kemotrapi cukup efektif untuk penyembuhan beberapa jenis kanker, nah, pemahaman inilah yang akan kita berikan kepada masyarakat melalui sosialisasi.

Mengenai program Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) yang diprakrasai oleh Dinas Kesehatan berupaya mencari formula terbaik dalam rangka membantu dan mewujudkan visi misi pemerintah sebagai upaya meningkatkan kesehatan masyarakatnya. Program ini untuk memberikan pelayanan kepada kelompok masyarakat yang takut atau mungkin sakitnya parah dan tidak memungkinkan untuk ke puskesmas, apalagi bagi warga yang berdomisili di wilayah pelantar, jadi pelayanan yang kita diberikan tak hanya menunggu tetapi dilakukan dengan cara jemput bola ke rumah pasien.

“ Program ini sudah berjalan luar biasa, sehingga pihak puskesmas rutin mengecek pasien-pasien yang sekiranya sudah lama tidak mengecek kesehatannya. Setelah pihak puskesmas menjemput ke rumah pasien, ternyata pasien yang sudah berobat, dan 2 atau 3 tahun tidak melakukan pengecekan ditemukan dalam kondisi sangat prihatin. Kebanyakan mereka takut untuk berobat, seperti pasien penderita kanker payudara di Km 6 kemarin, setelah kita lakukan pendekatan dan memberikan pemahaman, Alhamdulillah, yang bersangkutan mau menjalani perobatan “, ucap Lis

Untuk itu, pemahaman mengenai pencegahan kanker ini sangat penting guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam deteksi dini kanker serviks dan payudara, “ Rata-rata penyakit ini terditeksi pada stadium 3 atau 4, karena itu sosialisasi ini sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat agar segera memeriksakan diri ke puskesmas, melakukan pemeriksaan pap smear ada atau tidak sel yang beresiko menjadi sel kanker “. ucapnya

Lis juga mengingatkan kepada masyarakat, agar memanfaatkan kartu JKN-KIS untuk memeriksakan kesehatan, kartu ini jangan hanya digunakan pada saat sakit saja, tetapi bisa digunakan untuk mengecek kesehatan lainnya, seperti penyakit kanker,” Ayo, cegah kanker dengan melakukan diteksi dini ke puskesmas terdekat, ibu-ibu hanya perlu mendatangi fasilitas kesehatan dengan menunjukkan kartu JKN-KIS “. Ajak Lis

Acara itu dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan peninjauan layanan pemeriksaan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA), pemasangan kontrasepsi KB, klinik UBM, TB, VCT dan Konseling Jiwa.
Pada acara itu, Walikota didampingi Kepala Dinas Dinas Kesehatan Pengendalian Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, S.K.M, M. Si, Ketua DPRD, OPD, Kepala Puskesmas, serta unsur FKPD.(Hms/ian/red)

Posting Komentar

Disqus