Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc Bersama Bupati Asahan JR Saragih SH MH (Fhoto : Realitasnews.com)
ASAHAN, Realitasnews.com- Wakil bupati Asahan, H Surya Bsc menyambut dengan ramah kedatangan bupati Simalungun, JR Saragih.SH MH bersama rombongannya pada malam Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan ke III etnis Simalungun yang digelar di lapangan Sidodadi, jalan Pondok Indah, Kisaran, Sabtu malam (29/7/2017).

Pada kegiatan ini berbagai tarian dan seni budaya etnis Simalungun ditampilkan salah satunya tari Martonun ( bertenun) ulos. Tarian ini dipertunjukkan oleh enam orang gadis Simalungun yang lengkap dengan pakaian khas Simalungun.
Sesuai namanya tari martonun ulos, maka gerakan tarian ini tak ubahnya gerakan yang selalu dilakukan oleh seorang penenun ulos yang menceritakan bagaimana proses pembuatan ulos tersebut, mulai dari menanam kapas sebagai bahan dasar membuat benang, panen, sampai dengan memintal benang yang kemudian dilanjutkan proses tenun sampai menghasilkan ulos yang sepenuhnya.
Ke enam penari ini duduk dilantai dengan kaki diluruskan kedepan seperti penenun memintal benang hingga menjadi berbentuk ulos atau kain yang indah.
Wakil Bupati Asahan, H Surya.Bsc dan pengunjung lainnya sangat takjub melihat gerakan gemulai dari penari ini.
Dalam sambutannya Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc memberikan apresiasi terhadap seluruh masyarakat Simalungun yang ada di kabupaten Asahan karena telah berpartisipasi menggelar acara PSBD kabupaten Asahan ke III. Ia mengharapkan agar kegiatan PSBD ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat Asahan terhadap budayanya serta memperkokoh persatuan NKRI khususnya di kabupaten Asahan.
“ Mari kita lestarikan budaya kita masing masing dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” kata Surya.

Sementara di tempat terpisah ketua Panitia PSBD Kabupaten Asahan Ke III Sofian Yoga melalui humasnya Irfan Nasution menyampaikan rasa terima kasih kepada etnis Simalungun yang telah berpartisipasi dalan ivent kabupaten Asahan yang digelar setiap dua tahun sekali ini.
“Dengan adanya PSBD ini semoga kerukunan antar etnis dan antar umat beragama di kabupaten Asahan selalu  terjalin,” kata Irfan Nasution.
(Nes)

Posting Komentar

Disqus