Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Wabup Asahan, H Surya Bsc Bersama Bupati Simalungu Dr JR Saragih SH MH Serta Ketua 14 Suku Yang Ada Kabupaten Asahan (Fhoto : Realitasnews.com)
ASAHAN, Realitasnews.com – Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc mengakui dari 14 etnis atau suku yang mayoritas ada di Kabupaten Asahan belum semuanya mendapat alokasi lahan dari Pemkab Asahan  untuk membangun rumah adatnya.

Padahal program pemberian lahan tersebut merupakan salah satu dari visi dan misi bupati Asahan pada periode 2010-2015 lalu.
“Masih adanya suku yang belum mendapatkan lahan hal ini disebabkan lantaran kepengurusan dari etnis tersebut ketika itu belum lengkap,” kata Wakil Bupati Asahan. H Surya .Bsc saat memberi sambutan pada acara Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan Ke III suku Simalungun yang digelar di lapangan Sidodadi dijalan Pondok Indah, Kisaran, Sabtu malam (29/7/2017)
Bagi suku yang belum mendapat lahan, kata Surya, dalam waktu dekat ini Pemkab Asahan akan memberikan lahan kepada etnis tersebut dengan catatan jika dalam waktu satu tahun lahan itu belum dibangun maka lahan tersebut akan ditarik kembali oleh  pemkab Asahan.
“Setelah lahan itu diberikan, saya atas nama pemerintah kabupaten Asahan mengajak seluruh etnis agar membangun rumah adatnya,” kata Surya yang disambut riuh tepuk tangan oleh seluruh pengunjung yang ada.
Pada kesempatan itu, Surya juga mengatakan kepada Bupati Simalungun, Dr JR Saragih SH MH yang juga Ketua Partuha Marjuana Simalungun (PMS) sedunia bahwa kegiatan PSBD ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan dibantu dana APBD kabupaten Asahan.
“Kegiatan PSBD ini dilaksanakan untuk memacu tokoh tokoh etnis yang ada di kabupaten Asahan agar mendatangkan tokoh tokoh adat yang ada di daerah asalnya seperti yang dilakukan etnis Simalungun ini telah mendatangkan tokoh Simalungun yakni bapak JR Saragih,” jelas Surya
Surya juga menyampaikan permohonan maaf dan salam dari bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang kepada JR Saragih lantaran beliau tidak dapat hadir pada acara ini.
“Semoga dengan kehadiran bapak JR Saragih di Asahan ini dapat menambah semangat baru di Sumatera Utara ini,” kata Surya diakhir sambutannya.

Ditempat terpisah, Ketua PSBD kabupaten Asahan ke III, Sofian Yoga melalui humasnya Irfan Nasution sangat mengapresiasi atas kedatangan JR Saragih kegiatan PSBD etnis Simalungun itu. Ia mengharapkan agar dengan kedatangan JR Saragih semoga menambah semangat baru kepada seluruh masyarakat Asahan khususnya etnis Simalungun untuk bersatu membangun kabupaten Asahan.
 
Kegiatan PSBD etnis Simalungun ini juga dihadiri oleh ketua DPC Partai Demokrat Asahan, Ilham Harahap serta ratusan kader dan simpatisan Partai Demokrat.
(NES)

Posting Komentar

Disqus