Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Ratusan Pendidik Mengikuti Sosialisasi Pendidikan Keluarga (Fhoto : Istimewa)
LINGGA, Realitasnews.com – Dinas Pendidikan Pemkab Lingga mensosialisasikan kegiatan pemberdayaan pendidikan keluarga kepada satuan pendidikan yang ada di Lingga. Sosialisasi tersebut dihadiri ratusan lebih peserta mulai dari PKBM, dewan pendidikan, pengawas sekolah serta kepala sekolah SD, dan SMP di Lingga.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Bupati Lingga melalui Asisten II pemkab Lingga, Zainuddin Safiri yang digelar di ruang Aula kantor Bupati Lingga, Selasa (25/7/2017).
 
Zainudin Safiri dalam sambutannya  mengatakan pendidikan itu awal mulanya adalah dari keluarga termasuk pembentukan karakter. Ia mengatakan pendidikan itu tidak harus keras, terhadap anak. Namun anak bisa diajak berkawan, apalagi di zaman sekarang pendidikan anak dipengaruhi oleh tv dan internet.
 
“Peran keluarga terlibat langsung memberikan pendidikan di rumah, keluarga harus mendidik anak berakhlak dan berbudi pekerti serta mengajarkan bergotong royong.
 
Dari pendidikan keluarga, dikatakan  Zainudin, dapat membentuk karakter dan budi pekerti si anak.
Ketua panitia penyelenggara sosialisasi, Said Ibrahim mengatakan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut kesepakatan Mentri Pendidikan dengan Dinas Pendidikan Lingga untuk menyelenggarakan bimtek dan sosialisasi pemberdayaan pendidikan keluarga, pada satuan pendidikan.
 
"Pesertanya kepala satuan pendidikan mulai dari  PAUD, SD, SMP,  Dewan Pendidikan Kabupaten Lingga dan PKBM,"jelasnya
 
Sosialisasi dan bimtek ini menghadirkan nara sumber  dari Direktorat Kementrian Pendidikan dan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Dirjen Paud dan Penmas Kementrian Pendidikan Nasional dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga.
 
Hal senada dikatakan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Dirjen Paud dan Penmas Kementrian Pendidikan Nasional, Sugianto menjelaskan pemberdayaan pendidikan keluarga bertujuan  agar keluarga meningkatkan perannya, memperkuat kasihnya.
 
"Lingga salah satu Pilot Project pendidikan keluarga, di seluruh Indonesia. Diharapkan,  kerjasamanya dapat terjalin, hal ini perlu disampaikan pada pak Bupati kami mengundang istri bupati agar dapat meningkatkan pemahaman pendidikan keluarga,"ujarnya.
 
Menurutnya, beberapa program pendidikan keluarga  yakni : Program parenting atau kelas untuk orang tua di sekolah dua kali setahun, Sekolah inspirasi, Program pameran karya dan pentas karya anak-anak  yang berkreasi.
 
"Program pendukung yang perlu ditunjang dinas. Anak anak yg berlatar seni. Untuk  program penguatan pendidikan karakter anak,"ujarnya.
 
Pembukaan sosialisasi pendidikan anak ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, H Kasiman serta Dewan Pendidikan Lingga,  H Maznun.
 
(IK/Lian)

Posting Komentar

Disqus