Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


Bupati Lingga, Alias Wello Saat Mengunjungi Tanaman Hortikutura (Fhoto : Istimewa)
LINGGA.Realitasnews.com  –  Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, S.IP optimis varitas unggul padi yang ditemukannya yakni varitas M70D akan berhasil jika dibudidayakan di lahan sawah masyarakat Lingga yang hingga saat ini masih proses pencetakan seluas 1.300 hektar dari bantuan Kementerian Pertanian RI tahun 2017 ini.

“Varitas Padi unggul bernama M70D itu dapat ditanam empat kali dalam satu tahun lantaran umurnya hanya 70 hari,” kata Moeldoko saat mengunjungi sejumlah kawasan pertanian pangan dan hortikultura yang sedang dikembangkan pemkab Lingga, Selasa (18/7/201).
 
Jika pembudidayaan M70D di Lingga berhasil, maka akan sangat efektif dalam menunjang misi ketahanan pangan di daerah perbatasan Indonesia itu.
 
"Untuk itu, saya berharap dengan teman-teman HKTI di Kepulauan Riau ini untuk lebih fokus membantu kerja masyarakat dan pemerintah mengembangkan sektor pertanian," ujarnya.
 
Dia menaruh keyakinan besar, kelak  Lingga akan menjadi salah satu daerah sumber pangan yang bisa menjamin ketersediaan pangan wilayah perbatasan Kepri, hingga mampu mencapai pasar luar negeri.
 
"Saya yakin daerah ini akan menjadi sumber pangan yang bisa membanjiri pasar luar negeri," ungkapnya.
Dengan didampingi langsung oleh Bupati Lingga Alias Wello, mantan panglima TNI tersebut mengungkapkan kekagumannya terhadap potensi besar sektor pertanian yang dimiliki kabupaten di garis katulistiwa berjuluk "Bunda Tanah Melayu" itu.
 
"Saya punya keyakinan penuh terhadap potensi besar yang dimiliki Lingga di sisi pertanian. Baik pangan maupun holtikutura sangat  baik dibudidayakan di Lingga," kata dia, usai mengunjungi sejumlah kawasan pertanian di pulau Singkep dan Lingga.
 
Menurut Moeldoko, masa depan sektor pertanian di Lingga cukup menjanjikan, terlebih dengan posisi strategis yang dimiliki Lingga berdekatan dengan pasar ASEAN.
 
Moeldoko sendiri, sejak tidak lagi bergelut di dunia militer, memilih mendesikasikan dirinya di dunia pertanian. Hingga akhirnya pemilik bintang empat tersebut ditunjuk menjadi ketua umum DPN HKTI 2017-2020 melalui musyawarah nasional.
 
 (IL/Lian)

Posting Komentar

Disqus