Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Gempa 5,5 SR di Padang Sidempuan, Sumut (Foto: Dok. BMKG)

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan 5,5 skala Richter (SR) terjadi di Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut). Gempa berpusat di darat pada kedalaman 10 kilometer dan diperkirakan berasal dari sesar.

Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dampak gempa yang terjadi pada Jumat (14/7/2017) sekitar pukul 08.25 WIB. Gempa yang dirasakan ini sempat membuat masyarakat panik.

"Di Kabupaten Padang Sidempuan dilaporkan gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. Atap rumah bergetar cukup keras. Perabotan rumah berbunyi dan bergoyang. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho lewat keterangan tertulisnya.

Selain itu gempa juga dirasakan sedang di Kabupaten Padang Lawas selama 20 detik yang membuat masyarakat berhamburan keluar rumah. Gempa juga dirasakan kuat di Kabupaten Padang Lawas Utara selama 20 detik. Rumah terasa bergoyang dan masyarakat panik berhamburan ke luar rumah.

"Di Kabupaten Tananuli Selatan gempa dirasakan kuat selama 15-20 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau gempa dirasakan sedang selama 10 detik. Sedangkan di Kota Medan, gempa tidak dirasakan," ujarnya.

Berdasarkan peta gempa yang dirasakan itu, intensitas gempa di pusat gempa sekitar V -VI MMI (sedang hingga kuat) dengan sebaran tidak luas. Di Aekgodang IV MMI (ringan).

Posko BNPB masih terus memantau dampak gempa. Petugas BPBD dan aparat setempat masih melakukan pemantauan dampak gempa di lapangan. Perkembangan dampak gempa akan disampaikan lebih lanjut.
(jbr/ams)

Posting Komentar

Disqus