Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


BATAM, Realitasnews.com – Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Drs S Erlangga menerangkan tentang apel Gelar Pasukan Ops Lilin Seligi Tahun 2017 yang digelar lapangan Engku Putri, Batam, Kamis (21/12/2017).

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Seligi Tahun 2017 itu dipimpin oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH dan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, segenap unsur FKPD, para pimpinan instansi sipil, Polri maupun TNI, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para undangan.

Dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D  menyampaikan perayaan Natal dan perayaan pergantian tahun yang bersamaan dengan libur sekolah merupakan saat yang dinantikan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia, dengan penuh kebahagiaan dan suka cita yang diharapkan dapat terselenggara dengan nyaman, aman, lancar, dan menjadi tugas kita sebagai aparat keamanan untuk memenuhinya.

Beberapa ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok, serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan natal seperti aksi sweeping oleh ormas.

Sebelum Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017 ini dilaksanakan, Polri didukung oleh TNI serta Stakeholders lainnya, dalam hal ini Kemenhub, Kemenpupera, Kemenkes, Pertamina, Dan Jasa Marga, telah melaksanakan rapat koordinasi untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik. Sedangkan untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, Polri bersama dengan Kementan, Kemendag, Kemenperin, Badan Pom, KPPU dan  Perum Bulog,telah melaksanakan langkah-langkah preventif secara sinergis guna mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok. Upaya tersebut akan terus dilakukan sepanjang pelaksanaan Operasi Lilin 2017 berlangsung.

 
Operasi lilin 2017 akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan1 Januari 2018, dengan mengedepankan kegiatan Preventif didukung kegiatan Intelijen dan Penegakan Hukum. Operasi ini melibatkan 170.304 Personel, yang terdiri atas 90.057 personel Polri, 20.070 personel TNI, dan 60.177 personel dari instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya.

Gabungan personel ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru, khususnya di tempat-tempat ibadah, jalan-jalan perlintasan  arus mudik dan arus balik, objek wisata, pusat perbelanjaan, serta fasilitas transportasi  yang  akan  digunakan, seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandara.

Di seluruh tempat-tempat tersebut telah dibangun 1.609 pos pengamanan, dan 643 pos pelayanan, yang tergelar di seluruh wilayah Indonesia, dan tolak ukur keberhasilan operasi lilin 2017 ini ditandai dengan terwujudnya Kamseltibcar lantas, menurunnya angka kejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabilitas harga bahan pokok, serta tertanggulanginya dampak bencana alam.

Oleh karena itu, beberapa hal yang perlu saya tekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personel yang bertugas adalah sebagai berikut :
  1. Petakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah, dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang.
  2. Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah, dan tempat-tempat lainnya.
  3. Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh ormas, bila tetap terjadi, lakukan tindakan tegas yang profesional.
  4. Optimalkan penggelaran anggota di tengah masyarakat, lakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas guna mengurai dan mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
  5. Maksimalkan peran satgas pangan di masing-masing daerah, guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait.
  6. Perkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholders, untukmemberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan operasi “LILIN – 2017”, semoga pengabdian dan kerja keras yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” tutupnya

(Humas Polda Kepri)

Posting Komentar

Disqus