Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


BATAM, Realitasnews.com – APBD provinsi Kepri tahun 2017 sebesar Rp 3,36 triliun,- dan besar PADnya  sebesar Rp 1,23 triliun dan angka PAD provinsi Kepri tersebut lebih dari Rp 785 miliar,- disupport dari kota Batam. 

“Dari Pajak Kendaraan bermotor saja  untuk tahun 2017 dari Batam diperoleh sebesar Rp  287 miliar dan dari biaya balik nama kendaraan hampir sebesar Rp 178 miliar dan pajak kendaraan motor di darat dan laut hampir sebesar Rp 283 miliar,” kata Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dalam pidatonya yang dibacakan oleh . Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa hari Jadi kota Batam ke 188 tahun 2017 yang digelar di ruang rapat kantor DPRD Kota Batam, Senin Sore (18/12/17).

Ia mengatakan tingginya penghasilan atau PAD dari kota Batam ini membuat Pemprov Kepri selalu mensupport pembangunan yang diajukukan oleh Walikota Batam, H Rudi SE.seperti pembangunan infrastruktur strategis perkotaan seperti pembangunan infrastruktur jembatan, membangun trotoar dan membangunan infrastruktur perkotaan lainnya.

Gubernur Kepri juga menyebutkan bahwa Pemprov Kepri telah menyediakan 23 % dari APBD Pemprov Kepri untuk Pendidikan atau senilai Rp  680 miliar dan  10 % dari APBD Pemprov Kepri untuk Kesehatan dan sisianya untuk Pembangunan infrastruktur.

Menurut Gubernur Kepri, pembangunan infrastruktur tersebut dapat menghidupkan usaha mikro dan usaha makro di provinsi Kepri dan perkotaan dan kabupaten yang ada di pemprov Kepri.
 
Pada kesempatan itu Gubernur Kepri juga memberi apresiasi kepada DPRD Kepri lantaran telah mendukung pemprov Kepri untuk melakukan pembangunan tidak saja di daerah yang padat penduduknya tapi pembangunan struktur dan postur pembangunan juga dipusatkan di daerah yang sepi penduduknya.
 
“Dari 45 orang anggota DPRD Kepri 25 orang anggotanya berasal dari Daerah Pemilihan Kota Batam, kendati demikian anggota DPRD Kepri mendukung program pemprov Kepri yang juga memfokuskan pembangunan di daerah yang sepi penduduknya,” katanya.
 
Bahkan, kata Gubernur Kepri, dari 1,97 kunjungan wisatawan di provinsi Kepri sebanyak 1,3 orang wisatwan disumbangkan dari Kota Batam.
 
Pembangunan di daerah yang sepi penduduknya di harapkan kedepan dapat meningkatkan APBDnya . “Saat ini memang rata rata APBD di kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Kepri diatas Rp 1 triliun,” jelasnya
 
Selain itu Gubernur Kepri juga mengingatkan agar Pemko Batam dan BP Batam selalu bersinergi untuk membangun kota Batam agar investor di kota Batam dapat kembali ramai berinvestasi di kota Batam.
 
“Intinya kota Batam hingga saat ini masih menjadi andalan dari provinsi Kepri untuk meningkatkan pertumbuhan provinsi Kepri,” jelasnya.
 
Rapat Paripurna Istimewa hari Jadi kota Batam ke 188 tahun 2017 ini dipimpin oleh ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, SH, MH dan dihadiri oleh Walikota Batam, H Muhammad Rudi SE, MM dan Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad beserta Sekretaris Daerah Tanjungpinang, Seluruh OPD kota Batam, Pemuka agama dan Tokoh Masyarakat.
 
(IK/Lian)

Post a Comment

Blogger Disqus