Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Realitasnews.com - Dalam waktu dekat ini Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berada dijalan Ahmad Yani, Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Timur, Asahan akan dapat dinikmati oleh masyarakat kabupaten Asahan yang kurang mampu. Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc hadir untuk mensosialisasikan penggunaannya yang digelar di ruang Aula Rusunawa ini, Kamis (7/12/2017).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Asahan, Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang mengatakan Rusunawa ini dibangun berdasarkan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Sumut dengan Pemkab Asahan dan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum Ditjen Cipta Karya tahun 2012 lalu yang awalnya hanya membangun 2 twin block dan tahun 2013 dibangun lagi 2 twin block.

Masyarakat yang berhak untuk menghuni Rusunawa ini sesuai Undang Undang nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah atau dibawah UMK agar mereka mendapat tempat tinggal yang layak huni.

 
Hal tersebut juga sesuai dengan Peraturan Bupati Asahan yang menyebutkan bahwa masyarakat yang berhak untuk menempati Rusunawa ini diutamakan masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Namun, katanya, untuk menghuni Rusunawa ini tidak serta merta gratis melainkan harus membayar sewa sesuai keputusan Bupati Asahan No. 360-Perkim-tahun 2017 tentang penetapan besaran tarif sewa satuan rumah susun sederhana sewa.

Menurut Kadis Perkim, M Azmy Ismail SP mengatakan Rusunawa ini memiliki 5 lantai dengan 396 hunian. Lantai 1 khusus bagi difabel sewanya sebesar Rp 75.000 per bulan, lantai 2 sewanya Rp 120.000 per bulan, lantai 3 sewanya Rp 115.000 per bulan, lantai 4 sewanya sebesar Rp 110.000 per bulan dan lantai 5 sewanya sebesar Rp 107.000 per bulan.

Ia mengatakan dengan adanya Rusunawa ini diharapkan masyarakat yang berpenghasilan rendah dapat memperoleh tempat tinggal yang layak huni sehingga terwujud visi dan misi bupati Asahan menjadikan masyarakat Asahan yang Reliqius Sehat Cerdas Mandiri.


Dipenghujung acara sosialisasi Rusunawa ini Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc menyempatkan diri untuk meninjau langsung kondisi Rusunawa yang berlantai lima ini. Ia didampingi Ketua Komisi C DPRD Asahan, Hidayat, Camat Kisaran Timur dan Kisaran Barat, Lurah se kecamatan Timur dan Barat.

(NES)

Post a Comment

Blogger Disqus