Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Puskesmas Raya, Singkep Barat, Lingga Gelar  Sosialisasi Pemadam Kebakaran (Fhoto : Realitasnews.com)
LINGGA, Realitasnews.com  – Puskesmas Raya, kecamatan Singkep Barat, Lingga berkerja sama dengan kantor Pemadaman Kebakaran (Damkar) kabupaten Lingga menggelar pelatihan pemadam kebakaran, Sabtu (23/9/2017).

Sosialisasi dan praktek penggunaan alat pemadam api yang digelar di Puskesmas Raya ini atas inisiatif dari Kepala Puskesmas Raya, Dr Rapika Sahuri Hutapea.
 
“Saya mengambil kebijakan untuk menggelar kegiatan simulasi penggunaan alat pemadam api dengan Damkar kabupaten Lingga untuk mengantisipasi dan mempelajari bagaimana menangani jika terjadi kebakaran,” kata Dr Rapika Sahuri Hutapea.
 
Simulasi ini,dikatakannya, sebagai salah satu penilaian dari tim provinsi yang akan datang dalam waktu dekat ini untuk melakukan penilaian Akreditasi Puskesmas tahun 2017.
 
“Mudah mudahan Puskesmas Raya masuk dalam Akreditas Puskesmas tahun 2017 ini,” ujar Drs Rapika berharap.
 
Agar dapat masuk dalam Akreditasi tahun 2017 ini, dikatakannya, seluruh fasilitas sarana dan prasarana perlu dilakukan perbaikan seperti fasilitas untuk rawat inap, dan fasilitas pelayanan umum  harus memenuhi standard yang telah ditentukan.
 
Dr Rapika Sahuri Hutapea mengatakan sesuai Permenkes nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat mengamanahkan setiap Puskesmas harus melakukan perbaikan atau direhab.
 

“Perbaikan rehab serta perbaikan pelayanan harus dilakukan untuk itu saya mengambil kebijakan dengan melakukan kegiatan simulasi dengan petugas Damkar kabupaten Lingga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang sekaligus kita praktekkan di lapangan ini,” katanya.
 
Selain untuk penilaian akreditasi Puskesmas tahun 2017, katanya, simulasi ini diharapkan dapat melatih pegawai Puskesmas Raya untuk mengantisipasi dan menangani jika terjadinya kebakaran agar peralatan di Puskesmas yang merupakan asset Negara dapat dijaga.
 
Hal senada dikatakan Kepala Damkar kabupaten Lingga, Danton Dirgahayu Sentosa  mengatakan kegiatan sosialisasi dan praktek penanganan kebakaran ini sangat baik dilakukan sehingga pegawai Puskesmas mengetahui cara menggunakan alat pemadam api.
 
“ Kami berharap agar simulasi ini dapat juga dilakukan pihak kecamatan, kelurahan dan Kepala Desa,” ujarnya.
 
(IK/lian)

Posting Komentar

Disqus