Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


TANJUNGPINANG, Realitasnews.com  –  Dalam beberapa kasus terorisme dan radikalisme di Indonesia, keberadaan wanita dan anak-anak sering terimbas paham radikalisme itu sendiri, baik sebagai korban maupun terlibat sebagai pelaku.

“ Anak - anak dan perempuan tidak akan mau ikut hal hal yang membahayakan itu tanpa bujukan suami atau pihak lain, sehingga tetap saja anak dan perempuan menjadi korban,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Kepri, Misni dalam sambutannya saat acara pelatihan penangkalan penyebaran radikalisme dan terorisme dikalangan masyarakat dan  dikalangan aktivis perempuan yang digelar Badan Nasionalisme Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kepri di Hotel CK Tanjungpinang, Kamis (16/5/2019). .

Ia menyebutkan dalam Beberapa studi menyatakan selalu ada hubungan antara terorisme dan radikalisme. Kerentanan terorisme dapat menjadi humus dalam perkembangan radikalisme dan terorisme dan perempuan selalu memiliki kolerasi yang signifikan terkait dengan radikalisme dan terorisme.

Untuk itu, katanya, orang tua  mesti terus memantau pertumbuhan anak-anaknya. Saat anak mengurung diri di kamar, mesti diajak komunikasi untuk mencari jalan keluar dari masalah yang kemungkinan sedang dialami oleh si-anak.

Sekretaris FKPT Kepri Drs. Indra Syaputra yang juga hadiri dalam pelatihan itu mengatakan selama ini banyak perempuan menjadi korban konflik, hingga semua harus bisa mengupayakan pendidikan bagi perempuan sebagai pendidik keluarga.

Perempuan perlu dilibatkan dalam pencegahan teroris dan radikalisme ini karena perempuan mampu menyuntikkan nilai-nilai perdamaian dan toleransi.

Sehingga, peran keterlibatan perempuan sangat penting karena umumnya perempuan taat kepada suaminya, hingga bisa menepis ajakan-ajakan radikal yang bisa saja dilakukan oleh suami kepada istrinya.

Selain itu, para Ibu juga  harus memiliki waktu yang lebih banyak bersama anak dibandingkan ayahnya hingga kaum ibu merupakan orang yang cocok untuk dilibatkan dalam pencegahan teroris.

(Hms/IK)

Posting Komentar

Disqus