Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


 
Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH Menyerahkan Bendera Petaka Kepada Pengurus Inkanas ( Fhoto : Istimewa)
BATAM, Realitasnews.com – Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH memimpin Pelantikan pengurus cabang Inkanas dan melelepas kontingen Inkanas Kepri tahun 2017 yang digelar di gedung Lancang Kuning Polda Kepri, Nongsa, Batam, Senin (6/3/2017).

Kegiatan ini juga dihadiri Oleh Wakapolda Kepri, Irwasda Polda kepri para pejabat utama Polda Kepri, Ketua Forki Propinsi Kepri, Ketua KONI Provinsi Kepri serta para peserta pengukuhan dan pelantikan Inkanas.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH melalui kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Drs S Erlangga secara tertulis menyebutkan Polri adalah merupakan alat negara yang bertugas sebagai pemelihara Kamtibmas dan penegak hukum serta dituntut untuk dapat memberikan pelayanan, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.  

Guna dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan masyarakat tersebut dibutuhkan SDM Polri yang memadahi yaitu SDM Polri yang memiliki kesamaptaan jasmani,” kata Kapolda.

Kesamaptaan jasmani, lanjut Kapolda, meliputi 3 bidang yaitu: kemampuan Jasmani, Indeks masa tubuh dan ketrampilan / kemampuan beladiri. Inkanas adalah institut karate-do nasional yang merupakan salah satu cabang olah raga bela diri yang dianggap cocok untuk menunjang pelaksanaan tugas polri sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Pelantikan kepengurusan cabang Inkanas Propinsi Kepri ini dimaksud, dikatakan Kapolda,  sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan bela diri personil Polda Kepri, dimasing-masing Kabupaten / Kota dengan program latihan yang sudah di rencanakan oleh masing-masing cabang kepengurusan.

Hal ini sesuai dengan visi dari Presiden RI Joko Widodo, Revolusi mental atau membangun karakter bangsa, karakter bangsa yang dimaksud adalah : generasi muda yang jujur, kesatria dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.pembangunan karakter bangsa yang dimaksud  bisa kita ajarkan di inkanas dan setiap kali latihan kita mengucapkan sumpah karate :

Sanggup memelihara kepribadian, Sangggup patuh pada kejujuran, Sanggup mempertinggi prestasi, Sanggup menjaga sopan santun, Sanggup menguasai diri"
Di Inkanas Atlet diajarkan berjiwa kesatria tidak berkelahi keroyokan dipinggir jalan dan tidak tawuran, melainkan dilatih/diajarkan bagaimana cara bertanding di arena dengan sportif, bersaing mengejar prestasi, dilatih kejujuran dengan menghargai kelebihan lawan dan mengakui dengan sportif kekalahan.

”Latihan beladiri yang diajarkan di Inkanas juga melatih kepercayaan diri yang tinggi, terutama bagi anggota kepolisian yang memiliki resiko tugas yang tinggi perlu menguasai beladiri sehingga kalau ada kejadian dalam tugasnya tidak langsung menggunakan senjata, karena penggunaan senjata tersebut merupakan langkah terakhir,” tegas Kapolda (R/Lian)

  





 
 

Posting Komentar

Disqus