Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



Anggota DPRD Cilegon Banten Gelar Study Banding Ke DPRD Batam ( Fhoto : Realitasnews.com)


BATAM, Realitasnews.com – Anggota Badan Musyawarah DPRD Batam, Muhammad Musofa bersama Lik Khai didampingi Sekretaris Komisi II DPRD Batam, Mesrawati Tampubolon menerima pimpinan dan anggota Banmus DPRD kota Cilegon provinsi Banten di ruang Serbaguna DPRD Batam pada Rabu sore (14/3/2017). 

Wakil ketua I DPRD Cilegon , Sihapbudin Sibli yang juga ketua rombongan mengatakan tujuan kedatanga mereka untuk study banding tentang Efektifitas, tupoksi Banmus DPRD kota Cilegon secara komprehensif.

“Kami ingin menanyakan harmonisasi jadwal eksekutif dan legislative,” kata Sihapbudin Sibli. 

Menyikapi hal itu, Muhammad Musofa selaku pimpinan sidang mengatakan bahwa lembaga Legislatif selalu menyesuaikan jadwal kegiatan dengan lembaga Eksekutif atau pemko Batam.

“Kita tidak bisa ego egoan,” jelas Musofa

Hubungan DPRD Batam dengan Pemko Batam saat ini cukup harmonis apalagi setelah pemko Batam telah menerima pokok pokok pikiran dari anggota DPRD Batam dari daerah pemilihannya masing masing.

"Saat ini ada 20 pokok pokok pikiran DPRD Batam yang telah diterima Pemko Batam," kata Musofa.

Untuk kinerja Pansus, kata Musofa, setelah mereka di SK kan waktu kerja mereka selama 60 hari kerja baru melakukan laporan Pansus jika belum selesai juga maka waktunya ditambah selama 30 hari kerja lagi.
Anggota DPRD Batam harus mampu menjadikan musrenbang dan hasil resesnya menjadi pokok pokok pikiran untuk diajukan dalam rapat Banmus.

Setiap kegiatan pemko Batam dan kegiatan disetiap Komisi DPRD Batam maka anggota Banmus akan membuat Draf nya hasil rapat dari Banmus.

Mengenai rapat Banmus,dikatakan Musofa, minimal digelar sekali dalam satu bulan.

“Banmus mempunyai hak otonom, jika teman teman tidak setuju maka bisa saja kegiatan itu dihapus lantaran Banmus memiliki kewenangan dari ketua untuk menghapusnya,” jelas Musofa.

Secara otomatis wakil ketua I DPRD Batam menjadi koordinator Banmus dan Banggar, wakil ketua II DPRD mengkoodinator Komisi II dan wakil ketua III DPRD Batam kordinator Komisi IV.

Untuk meningkatkan Pendapatan Anggaran Daearah (PAD) dari pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari Dinas Pendapatan pemko Batam telah dating ke kantor kantor Kecamatan bekerja sama dengan bank yang dipilih.

“Jemput bola ini dilakukan agar masyarakat tidak perlu mengantri dan mengeluarkan biaya transfortasi untuk membayar PBB nya,” kata Mesrawati

Sumber PAD lain adalah dari industry, pariwisata, perdagangan, perkapalan, pajak penerangan jalan umum, sector jasa. (Sipay)

Posting Komentar

Disqus