Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



Anggota Komisi IV DPRD Batam, Uba Ingan Galingging


BATAM, realitasnews.com – Anggota komisi IV DPRD Batam, Uba Ingan Galingging sangat mendukung wacana menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy agar menghapuskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN). 

“Sarana dan prasarana sekolah di Jakarta tidak sama lengkapnya dengan sarana dan prasarana sekolah di daerah lain seperti di Batam ini ,” kata Uba saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/12/2016).

Jangankan jika dibandingkan dengan di Jakarta,kata Uba, di Batam ini saja di setiap kelurahan sarana dan prasarana belum tentu merata.

“Didaerah Hiterland ada guru yang mengajarkan lebih dari satu mata pelajaran hal ini sudah tentu mempengaruhi kwalitas pendidikan disekolah tersebut, selain itu akses informasi belum merata di setiap daerah” kata Uba.

Alasan lain menurut Uba mengapa ia mendukung rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI lantaran  penghapusan UN dapat menghindari siswa putus sekolah dan UN selama ini tidak bisa sebagai instrument untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Cakupan UN yang luas juga menciptakan kesulitan dalam memperoleh UN yang kredibel dan bebas dari kecurangan. Sumber daya yang dikerahkan untuk pelaksanaan UN sangat besar.

Dengan dihapusnya UN, kata Uba, tidak dibutuhkan lagi tenaga pengaman untuk menjaga materi soal UN saat didistribusikan ke daerah dan sudah tentu tidak ada kecurangan lagi.

UN dinilai tidak berimplikasi sama dan secara langsung terhadap setiap peserta UN. Sifat UN dinilai hanya menguji ranah kognitif dan sekolah hanya focus pada mata pelajaran yang diberikan pada UN jadi kurang memperhatikan mata pelajaran lainnya.

Selain itu, format soal UN yang bersifat pilihan ganda juga menjauhkan siswa dari pembelajaran yang mendorong siswa berpikir kritis dan analis. Soal soal ujian esai dapat melatih pikiran dan gagasan bagi setiap anak didik.  (pay/IK)

Posting Komentar

Disqus