Ads (728x90)



Dilihat 0 kali



Ribuan Pemudik Penumpang Kapal KM Kelud Padati Pelabuhan Batu Ampar (Fhoto : realitasnews.com)

BATAM, Realitasnews.com – Ribuan Penumpang kapal KM Kelud tujuan Belawan, Medan padati pelabuhan Batu Ampar, Batam pada Rabu sore, (27/12/2016). Para penumpang memadati pelabuhan mulai pukul 12 .00 Wib. Antrian panjang mengular terjadi dari mulai pintu gerbang pagar pelabuhan hingga pintu masuk pelabuhan.

Padatnya penumpang membuat tenda yang disediakan PT Pelni Cabang Batam tidak mampu menampung padatnya antrian penumpang. Untuk menjaga ketertiban petugas pelabuhan membagi tiga jalur antrian, jalur tengah digunakan untuk jalur masuk para forter yang mengangkut penumpang sedangkan jalur kiri dan jalur kanan dipakai sebagai jalur masuk penumpang.

Dipintu masuk pelabuhan petugas PT Pelni cabang Batam memeriksa dengan ketat tiket penumpang, tidak terkecuali dengan para forter, setiap forter harus menunjukkan tiket penumpang dari barang yang dia angkut.

Petugas Bea dan Cukai pelabuhan juga bekerja ekstra memeriksa seluruh barang penumpang, bahkan terpantau mereka secara bergantian menjaga alat pemindai x ray .

Padatnya penumpang membuat kursi yang disediakan pengelola pelabuhan yakni BP Batam tidak mampu menampung penumpang akibatnya sebagian besar penumpang banyak yang duduk di lantai. 

Antrian panjang mengular juga terjadi di pintu keluar pelabuhan, petugas terpaksa membatasi jumlah penumpang yang keluar untuk diangkut dengan bus ke dermaga pelabuhan tempat sandarnya kapal KM Kelud.


“Pelan pelan bu, pelan bu,,,, jangan berdesakan semua penumpang akan diantar bus,” kata seorang petugas PT Pelni cabang Batam lantaran para penumpang berdesakan keluar saat petugas memperbolehkan penumpang keluar lantaran bus Trans Batam yang mengangkut penumpang telah kembali setelah mengantar penumpang sebelumnya ke dermaga pelabuhan.

Saat masuk ke dalam bus para penumpang juga berdesakan, beruntung petugas pelabuhan membuat pintu depan bus menjadi pintu masuk penumpang ibu ibu khususnya yang mengendong anak balita. Sebanyak empat unit bus trans Batam dikerahkan untuk mengangkut penumpang.

Untuk masuk ke dalam kapal KM Kelud para penumpang tidak perlu berdesakan lagi lantaran petugas kapal membuka dua pintu kapal di dek empat.

Kepala PT Pelni Cabang Batam, Ending W melalui pegawai operasional, Robbie Ahmansyah mengatakan pada Rabu ini merupakan puncak arus mudik tujuan Belawan Medan menyambut libu panjang Tahun baru masehi 2017, jumlah penumpang seluruhnya sebanyak 2659 orang. Arus mudik tahun ini menurun sebanyak  40 persen dibanding tahun lalu.    

 (pay)

Post a Comment

Disqus