Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali




Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH Memasang Tanda Pangkat Kepada Salah Salah Anggota Polda Kepri ( Fhoto : Istimewa)
BATAM, Realitasnews.com – Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH memimpin upacara pelantikan perwira alih golongan Tahun Ajaran 2016 Korp Raport kenaikan pangkat dan pengambilan sumpah janji PNS Polda Kepri TMT 1 Januari 2017 ini digelar di lapangan upacara Polda Kepri, Jumat (30/12/2016).

Jumlah anggota Polda Kepri yang melaksanakan Korps Raport kenaikan pangkat sebanyak 372 orang yang terdiri dari 26 orang Pamen, 24 orang Pama dan 234 Bintara selain itu 52 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) ikut mengambil sumpah janji.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH melalui Kabid Humas Polda Kepri,Kombes Pol Drs S Erlangga secara tertulis mengatakan mulai saat ini, para Perwira lulusan Pendidikan Alih Golongan sekalian akan memulai pengabdian kepada Bangsa dan Negara dengan penuh tantangan dan ujian, namun terhormat dan mulia sebagai seorang Perwira. Oleh karena itu, persiapkanlah diri para Perwira agar semua tugas yang akan dijalankan dapat dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kepada perwira yang lebih senior di jajaran Polda Kepri ini, Kapolda berharap agar terus mendidik, melatih, membimbing, memberikan pengalaman, dan meningkatkan kemampuan para Perwira lulusan Pendidikan Alih Golongan yang baru dilantik, agar mereka cakap dan berhasil dalam mengemban tugas-tugasnya.

Didik dan kembangkan mereka agar dapat menjadi Perwira yang profesional, kapabel, dan dedikatif. Didik dan matangkan pula kepemimpinan dan kepribadian mereka, menjadi Perwira Polri sejati yang kokoh dalam patriotisme dan nasionalismenya, yang bertumpu pada nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya,”tegas Sam.

Kenaikan pangkat memiliki konsekuensi yang besar, lanjut Sam, karena semakin tinggi pangkat seseorang, semakin besar dan berat pula tanggung jawab yang yang harus dipikulnya, sesuai golongan pangkat masing-masing. Tanda pangkat yang disandang merupakan simbol kualitas kemampuan yang menuntut adanya sikap mental, tingkah laku dan perubahan pola pikir.

Khusus PNS yang baru saja disumpah janji,kata Sam, penyumpahan PNS merupakan suatu tahapan dari proses administrasi untuk diangkat menjadi PNS, untuk itu perlu dibina sedemikian rupa sehingga mempunyai kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah serta bermental baik, jujur, berdaya guna dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban.

Sebagai unsur Aparatur Negara dan Abdi masyarakat Pegawai Negeri Sipil memiliki akhlak dan budi pekerti yang tidak tercela, yang berkemampuan melaksanakan tugas secara Profesional dan bertanggung jawab dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan dan pembangunan, serta bersih dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme,” katanya.

Setiap Pegawai Negeri Sipil, dikatakan Sam, wajib bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, wajib memberikan pelayanan secara adil dan merata kepada masyarakat dengan dilandasi kesetiaan dan ketaatan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara, dan Pemerintah.

Sam mengatakan bahwa saat ini perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah Polda Kepulauan Riau khususnya terkait dengan pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2016 dirasakan cukup kondusif.

“Penciptaan situasi tersebut tentunya tidak lepas dari upaya - upaya yang telah dilakukan oleh kita sekalian yaitu secara terus – menerus menggelar berbagai langkah kegiatan yang bersifat pre-emtive, preventif, dan represif (penegakkan hukum),” jelasnya

Dengan hasil yang ada saat ini, lanjut Sam, seluruh anggota Polda Kepri jangan lekas berpuas diri, kedepan dimensi tantangan tugas akan semakin berat dan kompleks. Oleh karena itu berbagai upaya masih perlu dilakukan untuk tetap menjaga serta mempertahankan stabilitas keamanan yang bersifat lokal, Nasional, Regional dan Internasional.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya juga mengingatkan kembali pada seluruh peserta upacara agar dapat menjaga Idealisme, berbuatlah yang terbaik dalam setiap tugas, bangun kemampuan dan daya saing masing-masing, kembangkan ilmu dan keterampilan sebagai Profesional, jaga kode etik dan etika profesi, ulet dan milikilah mental yang tangguh, percayalah pada diri sendiri,” tegas Sam.

Sam juga mengingatkan didalam perjalanan karier, tahanlah terhadap godaan dan senantiasa dekatlah dengan Tuhan Yang Maha Kuasa serta laksanakan 9 Komitmen Moral Anggota Polri dan sumpah janji PNS nya dengan sungguh-sungguh.

(R/pay)

Posting Komentar

Disqus