Ads (728x90)



Dilihat 0 kali

 
Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom


JAKARTA, Realitasnews.com - Gubernur Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Ruang Terbuka Hijau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RTH RPTRA) Kalijodo dibangun dengan standar internasional. Di lokasi ini didapati sebuah arena olahraga untuk papan seluncur (skateboard) dan trek sepeda.

Menurut Basuki yang akrab dipanggil Ahok ini, kompetisi internasional dapat digelar di sini ketika RPTRA ini sudah secara resmi dibuka.

"Kita bisa bikin kompetisi internasionnal di sini sekarang. Kalau ada event skateboard dan bmx bisa kita lakukan di sini sekarang. Jadi betul-betul standardnya bisa kita pakai," kata Ahok di Jalan Kepanduan II, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (17/12/2016).

Ahok mengatakan lokasi yang memiliki luas sekitar 1,5 hektar ini dibangun menggunakan dana dari corporate social responsibility (CSR). Dalam upaya membangun ini, rancangan arena tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

"Kalau ini karena CSR, kita juga minta pemakainya, mereka yang main sepeda dan skateboard, mereka yang merancang. Pemerintah rancangannya kadang yang dibuat tidak sesuai dengan yang memakai. Nah kalau ini kan sesuai dengan keinginan yang memakai," tutur Ahok.

Ahok: Kita Bisa Bikin Kompetisi Internasional di KalijodoFoto: Jabbar Ramdhani/detikcom

Meski begitu, Ahok belum mengetahui kapan pembangunan ini akan selesai. Dalam perencanaannya, RPTRA Kalijodo ini akan menyambung dengan RPTRA Jembatan Tiga di Pluit.

Ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ahok sempat berharap RPTRA ini dapat selesai sebelum tahun baru 2017. Ketika itu, ia mengatakan hadirnya RPTRA ini dapat menambah tempat masyarakat untuk merayakan tahun baru.

Ahok yang saat ini tidak punya kewenangan sebagai gubernur mengatakan, masyarakat dapat saja menggunakan fasilitas ini, termasuk pada saat tahun baru nanti.

"Kalau (rencana) itu kan, saya kan bukan gubernur yang jabat sekarang. Kalau Plt (pelaksana tugas) kan yang bisa. Tapi bisa juga kan anak muda yang mau bikin tahun baru di sini boleh saja. Tapi tidak jadi pusat pemda. Anak-anak muda kalau mau bikin ya oke aja mereka," kata Ahok.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, RPTRA di kawasan Kalijodo ini dibangun oleh PT Bumi Serpong Damai (BSD)-Sinarmas Land. Pembangunan itu sebagai bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pihak Sinarmas Land.

Fasilitas yang akan ada di RPTRA ini meliputi taman monumen, lintasan jogging atau lintasan sepeda, skate park, amphitheater, musala, lampu taman dan jalan, kios, taman bermain anak, outdoor fitnes, toilet, sound system dan penyediaan utilitas.

(detik.com)

Post a Comment

Disqus