Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


Sebanyak 60 Pelajar SMP IT Ulil Abab Batam Mendatangi Gedung DPRD Kepri (Fhoto : Humas Sekwan DPRD Kepri)

TANJUNG PINANG, Realitasnews.com -Puluhan siswa-siswi SMP IT Ulil Albab Batam mendatangi Gedung DPRD Kepri, di Dompak, Senin (31/10/2916). Kehadiran siswa-siswi ini disambut langsung oleh wakil ketua I DPRD Kepri, Rizki Faisal, Wakil Ketua II DPRD Kepri, Husnizar Hood,  Ketua Komisi IV DPRD Kepri Tedi Jun Askara  serta sejumlah anggota DPRD Kepri lainnya.

Siswa-siswi SMP IT Ulil Albab Batam yang berjumlah 60 orang ini mendatangi gedung DPRD Kepri bertujuan untuk mengenalkan sejak dini peran dan fungsi DPRD Kepri.

Kesempatan langka ini dimanfaatkan betul oleh para siswa-siswi untuk berdialog dan melihat secara dekat proses demokrasi.

“Silahkan ditanya. Apa saja yang adek-adek mau tanyakan,” kata Wakil Ketua I DPRD Kepri Rizki Faisal saat menyambut para siswa-siswi ini.

Dijelaskannya, bahwa DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat memiliki tiga fungsi yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan. Fungsi legislasi diwujudkan dalam membentuk peraturan daerah (Perda) bersama Gubernur.

Selanjutnya fungsi anggaran yang diwujudkan dalam menyusun dan menetapkan APBD bersama pemerintah Provinsi.
Terakhir  adalah, kata Rizki, fungsi pengawasan yang diwujudkan dalam pengawasan terhadap pelaksanaan UU, peraturan daerah, Pergub dan seluruh kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua II DPRD Kepri Husnizar Hood berharap kunjungan ini dapat menambah wawasan. Tak hanya menambah wawasan, Husnizar berharap nanti salah satu dari siswa-siswi menjadi wakil rakyat.

“Mudah-mudahan ini membuat adek-adek berminat menjadi anggota DPRD Kepri,” harapnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kepri Tedi Jun Askara mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kesempatan bagus bagi anggota DPRD Kepri menjelaskan fungsi dan kedudukan dewan sejak dini.

“Kegiatan ini bisa lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya pelajar. Sehingga, kedepan mereka dapat paham tugas dan fungsi dewan,” kata Tedi.

Kunjungan singkat ini rupanya membekas di hati para siswa-siswa ini. Mereka berharap dilain waktu dapat melihat secara langsung proses ini lebih lama. “Mudah-mudahan kunjungan ini bisa diperpanjang. Kami juga ingin melihat beberapa ruangan dewan disini,” kata Aurel siswi SMP IT Ulil Albab.

Mendengar hal ini, seluruh siswa-siswi diajak berkeliling gedung DPRD Kepri termasuk mendatangi perpustakaan DPRD Kepri. Tak hanya itu, mereka bersama para guru pembimbing juga mengikuti sidang paripurna dengan agenda laporan akhir Pansus RPJMD sekaligus disahkan menjadi Perda. (pay/hms)

Posting Komentar

Disqus