Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun Meninjau Jalan Lingkar (Fhoto : Aljupri/realitasnews.com )
KARIMUN, Realitasnews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri melalui APBD 2017 berencana akan menyelesaikan jalan lingkar Pasar Puan Maimun, Karimun. Dengan adanya jalan yang mengelilingi pasar maka akan mempermudah akses bagi para pedagang dan masyarakat yang berbelanja di pasar yang terletak di Kelurahan Sei Lakam Timur, Kabupaten Karimun itu.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basyirun saat mengunjungi Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu. Nurdin menyebutkan nantinya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri akan turun ke Karimun untuk melakukan pengukuran berapa panjang jalan yang akan dibangun tersebut.

"Jalan yang akan dibangun nantinya kan mengelilingi pasar. Sehingga akses ke pasar akan semakin lancar," kata Nurdin kepada sejumlah awak media sambil memperagakan dengan tangannya bentuk jalan yang akan dibangun.

Memang untuk saat ini, lanjut Nurdin kondisi jalan baru selesai setengah. Akses jalan di pasar Puan Maimun baru sebatas satu sisi. Dalam wacananya pembangunan akan dilakukan di sisi pinggir laut yang saat ini masih berupa hutan bakau. Dengan dibangunnya tambahan tersebut maka nantinya Pasar Puan Maimun akan langsung tembus ke Jalan Haji Arab dari arah pantai.

Bukan hanya jalan darat, untuk kelancaran masuk dan keluar barang maka nantinya juga akan dibangun pelabuhan rakyat untuk aktivitas bongkar muat barang bagi pedagang. Dijelaskan Nurdin, posisi pelabuhan nantinya berada di pantai sebelah pasar Puan Maimun. 

Dengan begitu,lanjut Nurdin, akses masyarakat kabupaten Karimun yang berdomisili bukan di Pulau Karimun untuk berbelanja juga akan semakin mudah.

"Tujuannya adalah kita akan ciptakan pasar ini menjadi pasar rakyat yang modern. Seluruh aktivitas pedagang dan pembeli akan ditunjang dengansarana yang baik," ujar mantan Bupati Karimun itu.

Konsep pembangunan Pasar Puan Maimun sendiri adalah pasar semi modern dengan struktur bangunan permanen tiga lantai. Pembangunannya juga dilakukan dengan sistem tahun jamak (multiyears). 

Para pedagang yang saat ini berjualan di Puan Maimun merupakan relokasi dari Pasar Baru Puakang. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Kepri terus meningkatkan sarana dan prasarana untuk menjadikannya pasar modern. Diharapkan nantinya dengan pasar yang baik maka perekonomian masyarakat juga akan semakin meningkat. 

(Jup)

Posting Komentar

Disqus