Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



TANJUNG PINANG, Realitasnews.com - Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto melakukan shooting film pendek berdurasi sekitar 30 menit dengan tema ‘Juara’ dengan mengambil lokasi di Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kamis (12/9).

Juara sendiri merupakan kependekan dari ‘Tunjuk Ajar Budaya’. Yang merupakan sebuah garapan film pendek untuk memenuhi tugas proyek perubahan sekretaris camat Pulau Penyengat yang sedang mengikuti Diklat PIM IV.

Dalam kesempatan ini, Isdianto tetap memerankan dirinya sebagai Plt. Gubernur Kepri yang sedang melaksanakan shalat zuhur di Masjid Pulau Penyengat.

Usai shalat zuhur Plt. Gubernur bertemu dengan seorang warga bersama keponakannya yang merupakan pengrajin tanjak. Keduanya terlibat dalam obrolan yang isinya banyak nasehat dari Plt. Gubernur untuk warganya tersebut.

Adapun inti dari film ini sendiri adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan Kepri. Terutama yang bermuatan budaya lokal. Sehingga, walaupun zaman sudah maju dengan berbagai teknologi yang canggih. Namun anak-anak Melayu tidak boleh melupakan adat dan budaya dasarnya sendiri.

Isdianto tampak menikmati setiap adegan yang dia lakukan. Seakan dia sedang tidak sedang berakting.

“Isi dari film ini sama seperti apa yang selalu katakan. Sehingga ketika saya baca naskahnya, saya rasa tidak perlu teks,” kata Isdianto yang banyak melakukan improvisasi dalam kesempatan ini.

Isdianto juga mengatakan bahwa Melayu adalah benteng bagi budaya asing yang masuk. Masyarakat melayu tidak boleh anti dengan budaya asing, namun tidak boleh melupakan budaya sendiri sebagai bentengnya.

“Saya selalu katakan jangan anti dengan budaya asing, karena itu bagian dari resiko kita sebagai daerah wisata. Tapi kita harus menyaringnya. Ambil yang baik dan tinggalkan yang bertentangan dengan budaya Melayu kita,” kata Isdianto.

(hms/Lian)

Posting Komentar

Disqus