Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com - Mewakili Bupati Asahan,  Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si memimpin upacara Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke XXXVI yang dilaksanakan Pemkab Asahan  di Halaman Kantor Bupati Asahan, Rabu (25/09/2019).

Upacara itu juga dihadir,  Dandim 0208 Asahan, Kajari Asahan, Ketua Pengadilan Negeri Kisaran, Perwakilan Danyon 126/KC, Anggota DPRD Kab. Asahan, OPD, Ketua KONI Kab. Asahan, Ketua PWI Kab. Asahan dan tamu undangan.

Sekdakab Asahan menyampaikan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang mengatakan 
bahwa thema besar HAORNAS Tahun 2019 ini adalah “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja”. 

Tbema ini, katanya,  mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia. 

"Pembangunan didalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul lndonesia Maju,"katanya.

Beliau menyebutkan pembinaan atlet muda berbakat yang di dukung oleh talent identification
dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang.

" Indonesia tidak sekadar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya tahun ini kita telah menyiapkan atlit-atlit yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo. 

Cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Olimpide 2020 merupakan cabang olahraga unggulan yang kita harapkan mampu melampaui target yang ditentukan. 

Kesuksesan menjadi tuan rumah dalam ajang pertandingan olahraga tingkat ASIAN menjadi tolak ukur kita untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2032. 

"Keinginan tersebut telah ditindaklanjuti oleh Bapak Presiden melalui surat pengajuan sebagai kandidat tuan rumah yang disampaikan kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) melalui Duta Besar Indonesia di Swiss dan kita juga berharap pencak silat yang merupakan olahraga asli rakyat Indonesia mampu dipertandingkan dalam ajang bergengsi tersebut," katanya.

Rangkaian Pencak Silat Road to Olympic telah kita lakukan tidak hanya diskusi-diskusi bersama pakar olahraga namun telah kita lakukan pelatihan-pelatihan secara profesional di berbagai negara itu menunjukan keseriusan kita agar Pencak Silat bisa masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade. 

Selanjutnya, katanya, untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai lntruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat. 

Semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur: baik pelajar, masyarakat, pekerja] karyawan, dan semuanya, 

Pada upacara itu, Pembina upacara memberikan piagam penghargaan kepada bapak asuh cabang olahraga Kab. Asahan, Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitapulu, SIK, MH bapak asuh cabang olah raga bulutangkis, sepak bola, catur, tarung derajat dan bola basket, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf. Sri Marantika Beruh, S. Sos bapak asuh cabang olahraga bola voli, bina raga dan sepeda, Kajari Asahan Rahmad Purwanto, SH bapak asuh cabang olahraga karate, tenis meja dan tinju.

Pemberian penghargaan kepada tokoh olahraga, atlet olahraga, wasit berprestasi, pelatih terbaik, atlet berprestasi, tim berprestasi, guru olahraga berprestasi dan wartawan olahraga terbaik yang diberikan oleh Sekretaris Daerah Kab. Asahan.

Diakhir kegiatan para atlet pencak silat menampilkan atraksinya dihadapan, Sekda Kab. Asahan, Dandim 0208 Asahan, Kajari Asahan, Ketua Pengadilan Negeri Kisaran, Perwakilan Danyon 126/KC, Anggota DPRD Kab. Asahan, OPD, Ketua KONI Kab. Asahan, Ketua PWI Kab. Asahan dan tamu undangan. (Nes)

Post a Comment

Disqus