Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


TEBING TINGGI, Realitasnews.com - Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan MM membuka pencanangan pembuatan lubang resapan Biopori di TPA Lama Kota Tebing Tinggi, Jumat (27/9/2019).

Pembukaan pencanangan pembuatan lubang resapan Biopori itu dilakukan Walikota Tebing Tinggi didampingi unsur FKPD Kota Tebingtinggi dengan menyerahkan pipa kepada camat se- Kota Tebing Tinggi kemudian dilanjutkan dengan pemasangan pipa biopori.

Turut hadir dalam kegaiatan itu, Dandim 0204/ds diwakili Danramil 13, Kapolres Tebing Tinggi diwakili, Kaden Brimob Tebing Tinggi diwakili, para OPD, Camat dan Lurah se- Kota Tebing Tinggi.

Sebelum penyerahan pipa kepada Camat, Walikota Tebing Tinggi dalam sambutannya mengatakan bahwa program pembuatan lubang biopori dilakukan untuk terjaminnya masa depan generasi masa yang akan datang.

Beliau menyebutkan bahwa mengenai urusan air bersih, sampah dan sanitasi merupakan urusan pokok pemerintah daerah kota maupun kabupaten  dan bukan urusan Pemerintah Pusat.

Dikatakannya, pembuatan biopori ini salah satu tujuannya untuk menjamin air bersih. Karena kalau semua lahan ditutup dengan semen atau sejenisnya yang menyebabkan air hujan tidak masuk ke tanah,  maka ketersedian air bersih akan berkurang, saat sekarang ini ketersediaan air bersih 87,5 persen belum tentu aman.

“ Saya mengharapkan seluruh camat dan lurah wajib hukumnya melihat kondisi di lapangan, wajib hukumnya dana kelurahan itu sebahagian digunakan untuk kepentingan sanitasi, agar tidak ada buang air besar sembarangan yang dapat mencemarkan lingkungan terutama air,” katanya.

Hal senada dikatakan Kadis Perkimsih Tebing Tinggi yang menyebutkan bahwa pencanangan pemasangan biopori diikuti seluruh lapisan mulai dari dinas kemudian sekolah-sekolah dan seluruh masyarakat.

“ Biopori sangat baik untuk keberlangsungan hidup masyarakat untuk generasi selanjutnya. Mengingat secara alami di kota, biopori itu tidak terbentuk secara alami lagi maka harus kita ciptakan, kita buat biopori buatan dan inilah tujuannya serapan air serta cadangan air dan juga untuk kesuburan tanah dan keseimbangan alam akan tercipta,” katanya.

(Jan)

Post a Comment

Disqus