Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


BATAM, Reaalitasnews.com – Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah memiliki luas 5,7 hektare, Pemko Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyiapkan quick response (QR) code Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dengan memindai kode respon cepat ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi seputar masjid tersebut.

“QR code ini Pemko Batam siapkan supaya masyarakat bisa mengetahui seluk beluk Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Bagi yang ingin berkunjung juga bisa mendapatkan informasi sebelum datang ke masjid,” kata Kepala Dinas Kominfo Batam, Salim di Batuaji, Jumat (20/9/2019).

Menurut Salim Dinas Kominfo bertugas untuk  menyiapkan peladen atau server. Serta mengunggah  materi ke sistem. Sementara materi disiapkan oleh tim yang berbeda.

Ketua Panitia Peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Yusfa Hendri mengatakan materi di QR code ini berisi seputar masjid yang dibangun sejak 2017 lalu. Isinya antara lain sejarah pembangunan masjid, mulai dari peletakan batu pertama sampai ke peresmian.

“Dalam QR code ini juga terdapat hikayat Sultan Mahmud Riayat Syah. Tokoh yang namanya digunakan untuk masjid ini,” kata Yusfa.

Kemudian juga berisikan denah masjid terbesar se-Sumatra tersebut. Data teknis masjid seperti luas bangunan, luas lahan, pelaksana pembangunan, anggaran, fasilitas, hingga daya tampung tersaji dalam QR code ini.

“Melalui pemindaian QR code ini, pengunjung juga bisa mengetahui latar belakang pendirian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Dari cerita awal kita sajikan, sampai ke peresmian, bahkan rencana pengembangan ke depannya semua tersedia,” papar Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam tersebut.
 
(MC Batam /Lian)

Post a Comment

Disqus