Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



ASAHAN, Realitasnews.com - Plt. Bupati Asahan H. Surya, BSc menghadiri peringatan 1 Muharram 1441 H (Kenduri Suroan) yang dilaksanakan Keluarga Besar Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) di Lapangan Desa Sei Silo Barat Kecamatan Setia Janji, Sabtu (07/9/2019).

Peringatan 1 Muharram 1441 H ini juga dihadiri oleh Sesepuh Pujakesuma H. Endang Ngadiman, Ketua DPD Pujakesuma Kab. Asahan Rianto, SH, MAP dan Pengurus, Ketua Pujakesuma Kec. Setia Janji Sarwono, OPD, Camat Setia Janji Muliadong, SH dan unsur Forkopimcam.

Dalam sambutannya Ketua DPD Puja Kesuma Kabupaten Asahan, Rianto menyampaikan harapannya agar seluruh pengurus Pujakesuma yang ada di Kecamatan untuk terus menumbuh kembangkan Budaya Jawa agar Budaya Jawa terus dapat dinikmati sampai generasi yang akan datang.

Sementara itu Sesepuh Pujakesuma H. Endang Ngadiman berpesan agar menjadikan Pujakesuma  menjadi organisasi yang menyelesaikan masalah,  jangan menjadi organisasi pembuat masalah.

Hal tersebut dapat terwujud apabila kita dapat menciptakan paguyuban etnis Jawa yang ada di Kabupaten Asahan ini, apalagi pada saat ini DPD Pujakesuma Kab. Asahan dikomandoi seorang Tokoh Muda Yang cukup Energik.

“Saya yakin Pujakesuma kedepan akan tumbuh dan berkembang dan diperhitungkan untuk ikut berpartisipasi dalam kemajuan Kabupaten Asahan kedepan,” pungkasnya.

 

Plt Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya mengatakan sejak berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi di Indonesia mengakibatkan begitu cepatnya arus kebudayaan yang masuk ke Indonesia. Banyak juga kebudayaan asing yang mulai berdatangan. Baik lewat tayangan televisi, internet dan lain-lain. Ada yang baik karena mengajarkan modernisasi yang lebih rasional dan masuk akal.

“Namun ada pula yang mengajarkan sesuatu yang kita anggap tabu di masa lalu namun kita semakin menikmatinya sebagai gaya hidup modern. Kita seolah terbuai dengan kebebasan yang ditawarkan kebudayaan luar,” kata Plt Bupati Asahan.

Untuk itulah pada kesempatan yang berbahagia ini, katanya, dirinya berharap kepada Pengurus Pujakesuma Kabupaten Asahan Khususnya Kecamatan Setia Janji agar berperan aktif dalam melestarikan Budaya Jawa.
Plt. Bupati Asahan H Surya Bsc juga menyampaikan dalam memperingati 1 Muharram 1441 H ini, agar dapat meningkatkan amal dan ibadah, meningkatkan berbagai kebajikan terlebih terhadap sesama manusia.

“Siapkan fisik dan mental untuk menjalani kehidupan tahun ini agar lebih baik dari tahun sebelumnya,” katanya.
 
Acara yang dilaksanakan ini, katanya, pada prinsipnya baik tapi lebih baik lagi jika kita melakukan intropeksi diri dan membersihkan hati, bersih lingkungan saja tidaklah cukup jika hati kita tidak bersih dan itu salah satu syarat untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Tausiyah yang disampaikan oleh Al Ustadz Sukimin NK mengajak seluruh jamaah untuk Instropeksi demi untik  dapat memperbaiki diri dari tahun-tahun sebelumnya dan menebarkan kebaikan kepada umat manusia.

“Manfaatkan waktu yang diberikan Allah SWT kepada kita dengan sebaik-sebaiknya,” ujarnya.
(Nes)

Posting Komentar

Disqus